aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

6 Pengertian Metodologi Penelitian Menurut Para Ahli

Pengertian Metodologi Penelitian Menurut Para Ahli


Istilah Metodologi Penelitian bagi seorang akademisi bukanlah hal yang asing di dengar karena merupakan suatu proses untuk meneliti sesuatu.

Menurut KBBI, metodologi adalah ilmu tentang metode.

Metodologi sendiri berasal dari kata metode dan logos. Metode artinya cara yang tepat dalam melakukan sesuatu. Sedangkan logos berarti ilmu atau pengetahuan.

Sehingga jika diartikan secara sederhana, metodologi adalah ilmu yang membahas tentang cara yang tepat untuk melakukan sesuatu.

Jika masih bingung, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai metodologi penelitian menurut para ahli.

Mari kita mulai...

1. Sugiyono (2016:2)

Pengertian metodologi penelitian menurut Sugiyono adalah suatu cara ilmiah yang digunakan untuk mendapatkan data dengan tujuan tertentu.

2. Hidayat dan Sedarmayanti (2002:25)

Menjelaskan bahwa metodologi penelitian merupakan pembahasan tentang konsep teoritik berbagai metode, kelebihan dan juga kekurangan, yang dalam karya ilmiah dilanjutkan dengan pemilihan metode yang digunakan.

3. Nawawi (1994:8)

Mengungkapkan bahwa metodologi penelitian merupakan ilmu mengenai metode dan jika dirangkai menjadi metodologi penelitian, artinya adalah ilmu mengenai metode yang bisa digunakan dalam aktivitas penelitian.

4. Teguh (1999:9)

Menurutnya metodologi penelitian merupakan ilmu yang berhubungan dengan penelitian, sementara itu penelitian menunjukkan aktivitas dari metodologi penelitian.

5. Soehardjo (2003:32)

Definisi metodologi merupakan bagian dari estimologi (sub-field of estimology), disebut sebagai ilmu untuk menemukan (the science to find out). Sedangkan metode yaitu cara untuk berbuat atau menemukan.

6. Sunyoto (2013:19)

Mendefinisikan metodologi penelitian sebagai urutan proses analisis data yang akan disajikan secara sistematik.

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar