aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Sarana dan Prasarana dalam Olahraga Renang

Sarana dan Prasarana dalam Olahraga Renang

Sarana dan prasarana dalam suatu kegiatan sangatlah penting, seperti halnya dalam kegiatan olahraga.

Sarana dan prasarana olahraga merupakan sumber daya pendukung yang terdiri dari segala bentuk jenis bangunan ataupun bukan bangunan yang digunakan untuk perlengkapan olahraga.

Setelah kemarin sempat membahas istilah dalam olahraga renang, kali ini kan membahas tentang sarana dan prasarana dalam olahraga renang.


Kolam Renang

Standar ukuran kolam renang yang dikeluarkan oleh federation Internationale de Natation (FINA), organisasi yang menyesuaikan kompetisi air. 

Panjang kolamnya adalah 50 m dan mempunyai lebar 25 m serta mempunyai lintasan bersama lebar 2,5 m per tiap-tiap lintasan, dan mempunyai kedalaman minimum 2 m, volume air 2.500 m3, suhu air pada 25-28 derajat, dan instensitas cahayanya lebih dari 1.500 lux.

Ukuran kolam renang:

  • Standar Nasional:
  • Panjang 50 meter.
  • Lebar 25 meter.
  • Kedalaman 2 meter.

Standar Internasional:

  • Panjang 50 meter.
  • Lebar 25 meter.
  • Kedalaman 3 meter.


Balok Start 

Tinggi balok start pada 0,5 m sampai 0,75 m dari permukaan air. Ukuran balok start 0,5 m x 0,5 m dengan ketentuan kemiringan tidak boleh melebihi 10 derajat, balok start ini mempunyai lapisan dari bahan anti licin pada permukaannya. 

Catatan waktu dapat dihitung dikala perenang meninggalkan balok start ini, namun data waktu yang didapat tidak dijadikan patokan sebagai penentu false start.


Lintasan 

Adapun untuk ukuran lebar lintasan pada kompetisi resmi adalah 2,5 m dan jaraknya lebih kurang 0,2 diluar lintasan pertama ataupun yang terakhir. Setiap lintasan ditandai sebuah tali yang terdiri dari pelampung yang panjangnya mirip lintasan.

Tali lintasan (pelampung) ini mampu berputar sewaktu tersedia tekanan dari air. Tali lintasan dibedakan dengan manfaatkan warna, yaitu:

  • hijau untuk lintasan nomor 1 dan 8.
  • biru untuk lintasan 2,3,6 dan 7.
  • warna kuning untuk lintasan 4 dan 5. 

Adapun rangkaian untuk lintasan ditentukan oleh waktu yang dicapai didalam babak penyisihan.

Pada kolam dengan lintas yang ganjil, perenang tercepat ditaruh pada lintasan bagian tengah.


Pengukur Waktu

Pengukur waktu ini ditaruh disisi kolam untuk mengkalkulasi waktu secara otomatis, adapun ketebalan dari pengukur ini adalah lebih kurang 1 cm. 

Perenang harusnya menyentuh papan pengukur waktu ini baik waktu pembalikan ataupun sewaktu finish. 

Pengukur waktu ini awal dipergunakan pada tahun 1967 di Kanada didalam acara Pan American Games.


Pakaian Renang 

Berenang secara alami atau biasa saja tidak membutuhkan perlengkapan atau busana khusus. Manusia mampu berenang tanpa perlengkapan apa pun didalam suasana apapun. 

Berenang yang ditujukan untuk rekreasi dan olahraga kadang kala membutuhkan busana dan perlengkapan tertentu untuk mendukung memudahkan bergerak di air.

Pakaian yang digunakan untuk berenang dirancang untuk memudahkan manusia bergerak di air. Pakaian renang umumnya terbuat dari bahan karet yang mengikuti bentuk tubuh pemakai untuk mengindari masuknya udara kedalam pakaian. 

Pakaian renang terhitung dirancang untuk mempercepat pergerakan manusia didalam air, rancangan layaknya ini ditujukan bagi aktivitas berenang didalam rangka kompetisi.

Selain busana yang dirancang khusus, didalam berenang kadang kala membutuhkan perlengkapan tertentu layaknya kaca mata renang, ban renang, penutup telingan dan hidung, serta penutup kepala. 

Perlengkapan tersebut ditujukan untuk memudahkan dalam berenang dan menjauhi resiko yang timbul akibat berenang. 


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar