aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Istilah-istilah dalam Olahraga Beladiri Tinju

Istilah-istilah dalam Olahraga Beladiri Tinju

Tinju merupakan salah satu cabang olahraga yang dipebutkan mendalinya dalam kejuaraan dunia.

Olahraga Tinju sendiri dapat dikatakan sebagai salah satu cabang olahraga yang tertua di dunia pada saat ini, karena olahraga ini sangat popular dari dulu sampai saat ini.

Didalam cabang olahraga Tinju terdapat beberapa istilah-istilah yang harus diketahui oleh setiap peserta ataupun penonton. Berikut ini istilah-istilah beserta penjelasan di dalam olahraga Tinju.
  • Clinch : merupakan sistuasi di mana antar petinju saling menempelkan badan atau memeluk.Biasanya digunakan untuk mengulur sementara atau memperpendek jarak bersama lawan. 
  • Cross : merupakan teknik pukulan yang bukan suatu pukulan standar seperti jab, straight, hook atau upper cut, melainkan suatu pukulan modifikasi. Dabungan dari pukulan straight dan uppercut, untuk mengincar target rahang atau perut. 
  • Hook : Hook didalam bahasa Inggris artinya kait. Dan sebenarnya posisi tersebut yang dilakukan oleh seorang petinju didalam melontarkan pukulan hook. Pukulan hook dapat dilontarkan ke dua tangan, kanan dan kiri. Pukulan hook dikenal terlalu mematikan didalam tinju.  
  • Jab : merupakan pukulan yang sering disebut sebagai pukulan pembuka dalam olahraga tinju. Pukulan jab merupakan pukulan yang mengarah lurus ke depan, dan dapat mengarah ke muka atau badan lawan. Biasanya, pukulan jab dilontarkan bersama dengan tangan kiri (jika petinju berikut bergaya ortodoks atau bersama dengan tangan kanan jika petinju berikut bergaya kidal.  
  • TKO (Technical Knockout) : merupakan istilah yang sama dengan KO. TKO digunakan saat seorang petunju dirasa wasit sudah tidak dapat melanjutkan pertarungan entah karana cedera atau hal lain yang menyebabkan keberlangsungan laga justru membahayakan sang petinju. 
  • Knock Down : merupakan istilah yang digunakan pada saat seorang petinju terjatuh setelah menerima pukulan dari lawan. Petinju tersebut masih mampu melanjutkan laga apabila mampu bangun sebelum hitungan ke-10 wasit. 
  • KO (Knockout) : merupakan keadaan di mana seorang petinju tak mampu lagi melanjutkan pertandingan usai menerima pukulan dari lawan dan terjatuh dalam hitungan ke-10. 
  • Long hook : merupakan istilah pukulan yang dilontarkan dari jarak jauh. Long hook bukan merupakan pukulan modifikasi, gabungan antara pukulan straight dan hook.

Semoga Bermanfaat!



Related Posts

Related Posts

Posting Komentar