aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

18 Pengertian Pendidikan Jasmani Menurut Para Ahli

Pengertian Pendidikan Jasmani, Pengertian Pendidikan Jasmani Menurut Para Ahli
Pendidikan jasmani sering kita lakukan di sekolah dalam rangka meningkatkan kebugaran tubuh supaya tetap sehat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Jika tubuh tidak melakukan gerak secara rutin yang terjadi adalah ketidaklancaran metabolisme tubuh sehingga akan menyebabkan terganggunya kesehatan.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai pengertian pendidikan jasmani menurut para ahli.

Mari kita mulai...

1. Depdiknas

Pengertian pendidikan jasmani menurut Depdiknas adalah suatu proses pendidikan yang memanfaatkan kegiatan jasmani yang telah direncanakan secara sistematik bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan manusia secara organik, neuromuskuler, perseptual, kognitif dan emosional dalam kerangka sistem pendidikan nasional.

2. Aip Syarifudin, dkk.

Menjelaskan bahwa pendidikan jasmani merupakan proses melalui aktivitas jasmani yang dirancang dan disusun dengan sistematik guna merangsang pertumbuhan dan perkembangan, meningkatkan kemampuan dan keterampilan jasmani, kecerdasan dan pembentukan watak, serta nilai yang positif bagi setiap warga negara dalam mencapai tujuan pendidikan.

3. Nash

pendidikan jasmani dapat diartikan sebagai fase dari pendidikan keseluruhan dan memberikan sumbangan kepada semua tujuan dari pendidikan.

4. Barrow

Memberi pengertian tentang pendidikan jasmani sebagai pendidikan melalui kegiatan gerak individu dimana banyak dari tujuan pendidikan yang dicapai melalui kegiatan otot besar yang melibatkan olahraga, senam, tari, permainan dan latihan.

5. Samsudin

Definisi pendidikan jasmani adalah proses pembelajaran melalui kegiatan jasmani yang dirancang untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif serta kecerdasan emosi.

6. Nixom dan Cozens

Arti dari pendidikan jasmani adalah fase seluruh proses pendidikan yang berhubungan dengan aktivitas dan respon otot yang giat dan terkait dengan perubahan yang telah dihasilkan oleh individu dari respons tersebut.

7. Firmansyah

Berpendapat bahwa pendidikan jasmani adalah suatu proses pendidikan yang melibatkan interaksi peserta didik dengan lingkungan melalui kegiatan jasmani yang secara sistematik kearah pembentukan manusia seutuhnya.

8. Jackson R. Sharman

Pengertian pendidikan jasmani merupakan bagian pendidikan yang berlangsung melalui aktivitas yang melibatkan mekanisme motorik manusia yang menghasilkan pola perilaku manusia.

9. Arma Aboellah

Mengartikan pendidikan jasmani sebagai bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan lewat kegiatan jasmani yang mempunyai tujuan mengembangkan manusia secara organik, neuro muscular, emosional dan intelektual.

10. Badan Standar Nasional Pendidikan

Pengertian pendidikan jasmani menurut BSNP adalah proses pembelajaran melalui kegiatan jasmani yang dirancang untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik individu, pengetahuan dan perilaku hidup yang sehat dan aktif, sikap sportif serta kecerdasan emosi.

11. Siedentop

Menjelaskan pendidikan jasmani adalah pendidikan dari, tentang dan melalui kegiatan jasmani.

12. Rosdiani

Mengemukakan bahwa pendidikan jasmani adalah suatu proses pendidikan yang memanfaatkan kegiatan jasmani yang disusun secara sistematik untuk mengembangkan dan meningkatkan individu secara organik, neumuskuler, kognitif, perseptual dan emosional kaitannya dengan kerangka sistem pendidikan nasional.

13. Rink

Arti pendidikan jasmani adalah pendidikan melalui fisikal. Kontribusi unik pendidikan jasmani terhadap pendidikan secara umum adalah perkembangan tubuh secara menyeluruh melalui kegiatan jasmani.

14. Dauer dan Pangrazi

Pendidikan jasmani merupakan fase program pendidikan secara keseluruhan yang memberikan kontribusi yang paling utama melalui pengalaman gerak, untuk pertumbuhan dan perkembangan secara utuh kepada tiap anak.

15. Jesse Fiering Williams

Definisi dari pendidikan jasmani merupakan kegiatan fisik yang telah dipilih dan dilakukan untuk mendapatkan hasil sesuai keinginan.

16. Mulyanto

Mendefinisikan pendidikan jasmani sebagai suatu proses belajar untuk bergerak dan belajar melalui gerak.

17. Bucher

Pengertian pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari proses pendidikan secara keseluruhan. Proses pendidikan melalui aktivitas fisik yang dipilih untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan organik, neuro muscular, interperatif, sosial dan emosional.

18. UNESCO

Pengertian pendidikan jasmani menurut Unesco adalah proses pendidikan individu atau masyarakat yang dilakukan secara sadar dan sistematik melalui berbagai kegiatan jasmani dalam rangka meningkatkan kemampuan dan keterampilan jasmani, serta pertumbuhan kecerdasan dan pembentukan watak.

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts