aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Mengenal 11 Istilah Kualitas Produk | Original, Oem, Mirror, Oc, Kw

Istilah Kualitas Produk

Dalam dunia industri yang semakin maju ini, para perusahaan berlomba-lomba menciptakan produk-produk yang berkualitas untuk menarik minat pelanggan. Semua perusahaan pastinya menginginkan produknya berkualitas dan banyak peminat.

Tetapi, ada juga produk yang dibuat untuk kebutuhan ekonomi menengah kebawah supaya mereka dapat memakai produk yang mirip dengan aslinya.

Hanya mirip dengan aslinya. Kualitas jelas berbeda.

Banyak juga di toko daring (online) yang menjual produk tidak original.

Disebuah toko online biasanya sudah tertera jenis kualitas produk yang dijual. Sehingga pembeli tidak perlu khawatir jika ingin membeli dari toko tersebut.

Ada banyak jenis kualitas produk...

Kita akan membahasnya pada postingan kali ini.

1. Original

Produk original atau kita biasa menyebut "ori" adalah produk yang dikeluarkan langsung oleh perusahaan resmi. Kualitas jelas tidak akan mengecewakan, karena telah melewati proses yang ketat dari perusahaan.

Produk original memiliki nilai yang lebih dan merupakan sesuatu kebanggaan tersendiri bagi si pemakai.

Harga yang ditawarkan pastinya lebih mahal.


2. OEM

OEM (Original Equipment Manufacture) merupakan produk yang dibuat dengan kualitas setara dengan kualitas ori. Yang membedakan adalah produsennya.

Produk oem ini diproduksi oleh perusahaan lain atas izin perusahaan utama.

Mengapa bisa demikian?

Hal tersebut bisa disebabkan oleh perusahaan utama tersebut terlalu banyak permintaan (demand) sehingga perusahaan utama kesulitan untuk mengatasi permintaan yang begitu besar.

Untuk mengatasi hal tersebut perusahaan utama mencari rekan kerja sama untuk memproduksi barang tersebut. Tetapi pemakaian nama atau brand tetap menggunakan perusahaan utama.


Biasanya harga dari produk oem ini lebih murah dari yang kualitas original.


3. Mirror

Produk mirror ini bukanlah produk asli atau original. Tetapi dapat dikatakan mirip dengan produk ori. Karena produk mirror ini dari segi bahan, box sampai nomor seri mirip dengan produk original.

Soal harga produk mirror ini pasti lebih murah dari produk original.


4. Original China

China memang terkenal dengan pembuat produk replika yang bentuknya sama persis dengan produk asli. 

Dengan tulisan "Made In China" sudah pasti produk ini juga diproduksi di China.

Karena bukan merupakan barang asli, untuk kualitas belum ada jaminan. 

Kelebihan dari produk ini adalah tidak menguras kantong bagi yang ingin bergaya.


5. KW Grade Ori 

Produk ini bisa disebut juga Kw super premium. Bisa disebut super premium karena memang produk ini berada satu tingkat dibawah produk original.

Produk ini dapat dihasilkan dari produk yang tidak lolos dalam kontrol kualitas (quality control). Memang ada sebuah kebijakan dari perusahaan untuk memusnahkan produk yang tidak lolos dalam quality control. Tetapi tidak semuanya.

Produk ini dijual dengan harga yang tidak terlalu murah tetapi juga tidak terlalu mahal.


6. KW Super AAA

Kw super AAA memiliki kualitas dibawah kw super premium. Dari segi luarnya sangat mirip tetapi bahan yang digunakan biasanya lebih murah.

Misalnya produk tas asli menggunakan kulit domba, produk ini bisa jadi menggunakan kulit sapi atau kulit yang lebih murah lainya.

Produk ini juga dilengkapi aksesoris bagaikan produk original seperti certificate card, nomor serial dan dust cover.


7. KW Super B

Kw super B berbeda dengan dengan kwe super AAA dari segi bahan dan juga kerapian jahitan.

Produk ini kurang memperhatikan detail pada suatu produk.

Harga masih dibawah produk dengan kualitas super AAA.


8. KW Super

Kw super ini memiliki kualitas yang sama dengan produk original tetapi hanya pada luarnya saja untuk menonjolkan dari segi kemiripan dari produk ori.

Kualitas jelas berbeda.

Misalnya ada tas yang memiliki kualitas kw super. Tas tersebut hanya mirip dibagian visualnya saja. Dari segi bahan lebih kasar atau tidak asli.


9. KW Semi Super

Kita ambil contoh produk tas. Untuk produk kw semi super biasanya tidak sepenuhnya menggunakan produk kulit. Bahan kulit hanya ada bagian tertentu saja dan lainya menggunakan kulit imitasi.

Harga jauh lebih murah daripada produk original.


10. Kw 1

Kualitas Kw 1 sangat jauh dibandingkan dengan ori. Juga masih dibawah kw semi super. 

Produk ini dibuat hanya mengejar kemiripan saja tanpa peduli bahan yang digunakan. Biasanya akan cepat rusak kalau sering dipakai.

Untuk harga sangat jelas lebih murah.


11. Kw 2

Kw 2 ini adalah produk yang dibuat untuk menekan biaya produksi seminimal mungkin. Maka dari itu kemiripannya pun tidak didapat apalagi dari bahannya.

Harga jelas dibawah produk kw 1.

Bagaimana?

Sekarang sudah tahu perbedaan dari kualitas produk yang ada dipasaran kan. Ternyata banyak juga jenis produk yang dijual dengan kualitas yang berbeda.

Dari macam-macam jenis produk tersebut pasti disesuaikan dengan kemampuan ekonomi masing-masing ya.

Produk tidak original diciptakan untuk kalangan menengah kebawah yang ingin memakai produk yang mirip dengan original. Apabila produk original dijual pada masyarakat yang bukan kelasnya, akan berdampak pada ketidakmampuan daya beli masyarakat. Sehingga akan membuat produk perusahaan tidak laku dan dapat membuat perusahaan bangkrut.

Semoga postingan kali ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan kalian semua.

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts