aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Sarana dan Prasarana dalam Olahraga Taekwondo

Sarana dan Prasarana terpenting dalam Olahraga Taekwondo

Sarana dan prasarana dalam suatu kegiatan sangatlah penting, layak dalam hal kegiatan olahraga.

Sarana dan prasarana olahraga merupakan sumber kekuatan pendukung yang terdiri berasal dari segala wujud model bangunan ataupun bukan bangunan yang digunakan untuk perlengkapan olahraga. 

Setelah kemarin sempat membahas istilah dalam olahraga taekwondo, kali ini akan membahas tentang sarana dan prasarana dalam olahraga taekwondo.

Pakaian Taekwondo

Pakaian ataupun seragam latihan merupakan anggota yang sangat penting dalam olahraga, begitu juga dengan olahraga Taekwondo membutuhkan pakaian atau seragam. 

Dalam olahraga Taekwondo pakaian atau seragam latihan yang biasa digunakan disebut Dobok (bahasa Korea). Dobok yang digunakan oleh pemula yaitu warna putih polos, yang terdiri dari baju, celana dan sabuk. Kemudian tidak ketinggalan, wajib menempelkan logo Taekwondo Pengurus Besar Taekwondo Indonesia di busana anggota dada kiri.

Selain yang putih polos, terdapat juga pakaian atau seragam yang kerahnya berwarna hitam. Itu biasanya digunakan oleh pemegang sabuk hitam (tingkatan DAN), atau termasuk dapat dipakai oleh pemegang sabuk warna (sebelum DAN) tetapi cuma digunakan saat pertandingan atau kejuaraan Taekwondo, baik itu kejuaraan Kyurigi (pertarungan) ataupun Poomse (jurus).


Peralatan Taekwondo

Bela diri Taekwondo dikenal sebagai cabang bela diri yang paling aman. Karena dalam suatu pertandingan Taekwondo (khususnya kyurugi) manfaatkan peralatan yang sangat lengkap, diantaranya :

  • Body protector (pelindung badan), merupakan peralatan untuk melindungi seluruh anggota badan (dari bahu hingga perut kebawah), dan melindungi tulang belakang.
  • Head guard (pelindung kepala), merupakan peralatan untuk melindungi seluruh bagian kepala kecuali muka.
  • Hand guard (pelindung lengan), merupakan peralatan untuk melindungi lengan dari siku-siku hingga ke jari-jari tangan. Bagian yang dilindungi adalah lengan luar, supaya dalam memblok tendangan dapat kurangi sedikit rasa sakit.
  • Pelindung kaki, merupakan peralatan untuk melindungi kaki dibawah lutut hingga punggung kaki. Bagian yang dilindungi adalah kawasan tulang kering, supaya tidak terjadi benturan langsung antar tulang kering yang dapat sebabkan patah tulang.
  • Pelindung kemaluan, merupakan peralatan untuk melindungi daerah kemaluan supaya atlet safety/aman dalam bertanding.
  • Pelindung gigi, merupakan peralatan untuk melindungi seluruh kawasan gigi supaya meminimalisir terjadinya patah gigi.

Selain peralatan pertandingan tersebut, tersedia termasuk peralatan yang selamanya digunakan untuk latihan, diantaranya adalah pyong (target). Fungsinya yaitu sebagai alat untuk jadi sasaran latihan tendangan atau pukulan. 

Selain itu, ada alat yang digunakan untuk menaikkan power tendangan, yaitu biasa disebut sansak. Bentuknya menyerupai tabung panjang dan bobotnya termasuk dapat mirip bersama bobot seorang manusia.


Lapangan Taekwondo

Lapangan pada kawasan luar berukuran 12 x 12 meter dan didalamnya tersedia lagi lapangan yang berukuran 8 x 8 meter. 

Diantara garis ke-2 lapangan itu di letakkan lebih dari satu meja juri dan wasit pertandingan. Ditengah lapangan tersedia lingkaran kecil untuk daerah wasit. 

Sedangkan lingkaran di pojok antara 2 lapangan itu menjadi tempat juri sudut. Kemudian, di daerah dewan juri di salah satu sisi dan sisi lain merupakan daerah para pelatih dan tim manager. 

Semoga Bermanfaat!


Related Posts

Related Posts

Posting Komentar