aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Persebaran Fauna dan Flora di Wilayah Indonesia

Persebaran Fauna dan Flora di Wilayah Indonesia

Indonesia merupakan negeri yang kaya, didukung letaknya yang berada pada lingkaran api atau ring of fire. Dengan begitu tanah vulkanik yang mengandung banyak mineral dan unsur hara membuat tanaman/flora tumbuh subur di wilayah Indonesia.

Tumbuh suburnya tanaman/flora di Indonesia tentunya akan menambah pasokan makanan untuk satwa-satwa atau fauna di wilayah Indonesia semakin lestari dan beragam.   

Berikut ini persebaran fauna dan flora yang berada pada ekosistem di wilayah Indonesia.


Persebaran Fauna di Indonesia

Pembagian fauna di Indonesia dibedakan berdasarkan letak geografis Indonesia. Secara geografis, persebaran fauna di Indonesia dibagi menjadi tiga wilayah sebagai berikut.

Persebaran fauna di Indonesia dibagi menjadi tiga wilayah sebagai berikut.

a. Kawasan Asiatis

Persebaran fauna di kawasan asiatis meliputi wilayah barat Indonesia seperti Sumatra, Jawa, Bali, dan Kalimantan. Jenis-jenis fauna yang tersebar dikawasan ini misalnya gajah, badak, dan orang utan.

b. Kawasan Australis

Persebaran fauna kawasan australis terdapat di wilayah Indonesia bagian timur atau wilayah di dataran Sahul. Jenis-jenis fauna di kawasan ini adalah kanguru, kasuari, cenderawasih, dan kuskus.

c. Kawasan Peralihan

Persebaran fauna kawasan peralihan terdapat di wilayah Maluku, Sulawesi, dan Nusa Tenggara Timur. Jenis-jenis fauna di kawasan ini adalah rusa, anoa, kuskus, dan biawak.


Persebaran Flora di Indonesia   

Faktor utama yang mempengaruhi persebaran flora di Indonesia adalah faktor iklim dan ketinggian tempat. Persebaran flora di Indonesia sebagai berikut.

a. Hutan Hujan Tropis

Pada wilayah Indonesia yang memiliki curah hujan merata sepanjang tahun akan terbentuk bioma hutan hujan tropis.

Hutan hujan tropis terdapat di Sumatra, Jawa bagian barat, Kalimantan, dan Papua bagian utara.

Ciri-ciri hutan hujan tropis di Indonesia antara lain tumbuhan besar dan hijau sepanjang tahun yang membentuk kanopi, terdapat tumbuhan epifit dan liana, serta laintai hutan sulit ditembus sinar matahari.

b. Hutan Musim Tropis

Hutan hujan tropis sering disebut hutan monsun tropis. Jenis hutan ini terdapat pada daerah yang memiliki curah hujan <60 mm/tahun pada musim kemarau. 

Persebaran hutan musim tropis terdapat di Pulau Jawa, Kepulauan Nusa Tenggara, Sulawesi Selatan, Papua bagian selatan, Papua Sumbawa, Timor, dan Wetar.

c. Sabana

Sabana tumbuh di daerah yang curah hujannya sedikit. Sabana biasanya dimanfaatkan sebagai lahan peternakan.

Sabana (savana) adalah lahan yang sebagian besar ditutupi rumput, semak (50%), dan pohon (10-30%).

Jika tanah tersebut ditutupi rerumputan dan paku-pakuan (50%) serta pohon dan semak (10%) disebut padang rumput (grassland/grass savana).

Sabana terdapat di Flores, Timor, Alor, Wetar, Nusa Tenggara Timur, dan Papua bagian selatan. Tanamannya antara lain akasia, cemara gunung, kayu putih, dan ampupu (eucalyptus).


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar