aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

17 Pengertian Laba Menurut Para Ahli

Laba, Pengertian Laba, Pengertian Laba Menurut Para Ahli
Istilah laba sering digunakan dalam bisnis untuk menggambarkan suatu keuntungan yang didapatkan perusahaan dalam berjualan, entah itu dalam bentuk barang maupun jasa.

Laba merupakan harapan dari semua pebisnis tanpa terkecuali.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai pengertian laba menurut para ahli.

Mari kita mulai...

1. Soemarso (2010)

Menjelaskan bahwa laba merupakan selisih lebih pendapatan atas beban yang berhubungan dengan aktivitas bisnis.

2. L.M. Samryn (2012:429)

Pengertian laba adalah sumber uang internal yang dihasilkan dari kegiatan perusahaan yang tidak memerlukan biaya tambahan untuk penyimpanan dan penggunaannya.

3. Mahmud M. Hanafi

Menyebutkan bahwa laba merupakan: Laba = Penjualan - Biaya

4. Horngren (1997)

Definisi laba adalah kelebihan dari total pendapatan dibandingkan dengan total pada beban. Bisa disebut juga dengan laba bersih.

5. Dwi Martani (2012:113)

Menurutnya, laba adalah pendapatan yang dihasilkan jika total uang dari aset neto pada akhir periode (kecuali distribusi & kontribusi pemilik usaha) melebihi aset neto pada awal periode.

6. Harahap (2015:303)

Mengungkapkan bahwa laba merupakan perbedaan realisasi pendapatan yang berasal dari transaksi suatu perusahaan pada kurun waktu tertentu dikurangi dengan biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan penghasilan tersebut.

7. Kuswadi

Berpendapat bahwa laba didapatkan dari pendapatan dikurangi dengan biaya.

8. Hansen dan Mowen (2001)

Mendefinisikan laba atau laba bersih sebagai laba operasi dikurangi pajak, biaya bunga, biaya riset dan biaya pengembangan. Laba bersih disajikan dalam laporan keuangan laba rugi dengan menyandingkan antara pendapatan dan biaya.

9. Suwardjono (2008:464)

Menyatakan bahwa laba adalah imbalan atas usaha perusahaan dalam menghasilkan suatu produk.

10. Subramanyam dan Wild (2014:25)

Mengartikan laba atau laba besih sebagai indikasi profitabilitas perusahaan. Laba bisa menjadi gambaran pengembalian kepada pemegang ekuitas untuk kurun waktu atau periode yang bersangkutan, sementara pos-pos dalam laporan merinci bagaimana laba didapatkan.

11. M. Narafin

Arti laba adalah perbedaan antara pendapatan dengan keseimbangan (balance) biaya dan pengeluaran untuk periode tertentu.

12. Hendriksen dan Van Breda (2000:319)

Pengertian yang dialihbahasakan oleh Nugroho (2006:331) menyebutkan bahwa laba adalah surplus setelah pemeliharaan kesejahteraan.

13. Harnanto (2003)

Laba adalah selisih pengukuran pendapatan dan biaya dalam periode tertentu.

14. Themin

Menjelaskan bahwa laba merupakan peningkatan sebuah manfaat ekonomi dalam jangka waktu atau periode akuntansi yang memberikan efek peningkatan ekuitas, selain yang bisa menyangkut transaksi dengan pemegang saham

15. Baridwan (1995:55)

Menjelaskan bahwa laba merupakan kenaikan modal (aktiva bersih) yang berasal dari seluruh transaksi atau kejadian lainnya yang bisa mempengaruhi suatu usaha pada periode kecuali yang timbul dari reveneu (pendapatan) atau investasi oleh pemilik.

16. Darsono dan Ari Purwanti

Pengertian laba merupakan prestasi semua karyawan dalam perusahaan yang bisa dinyatakan dalam bentuk yang berupa selisih antara semua pendapatan dikurangi semua beban.

17. Abdul Halim dan Bambang Supomo

Menyebutkan bahwa laba ialah pusat pertanggungjawaban yang masuk dan keluarnya bisa dihitung dengan menghitung pendapatan dan biaya.

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar