aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

10 Pengertian Pengangguran Menurut Para Ahli

Pengertian Pengangguran, Pengertian Pengangguran Menurut Para Ahli, Pengangguran
Pengangguran sering diartikan sebagai orang yang tidak bekerja. Tetapi masih dalam angkatan kerja dalam suatu negara.

Dari tahun ke tahun semakin banyak angkatan kerja tetapi penambahan lapangan pekerjaan tidak secepat penambahan angkatan kerja.

Hal tersebut membuat peluang masyarakat untuk menganggur menjadi lebih besar.

Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini banyak perusahaan yang melakukan PHK akibat dampak dari Covid-19. Alhasil, pengangguran menjadi sangat banyak.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai pengertian pengangguran menurut para ahli.

Mari kita mulai...

1. Sukirno

Pengertian pengangguran menurut Sukirno adalah jumlah orang yang masuk dalam tenaga kerja dalam suatu perekonomian dan secara aktif mencari pekerjaan namun belum memperolehnya.

2. Nanga

Mengartikan pengangguran sebagai keadaan seseorang yang tergolong dalam angkatan kerja tidak mempunyai pekerjaan dan tidak sedang mencari kerja.

3. Menakertrans

Mendefinisikan pengangguran sebagai individu yang tidak mempunyai pekerjaan sama sekali, sedang mencari pekerjaan, mempersiapkan usaha sendiri, atau seseorang yang sengaja tidak mau bekerja karena merasa tidak ada seorang pun yang ingin memperkerjakannya.

4. Payman J. Simanjuntak

Menyatakan bahwa pengangguran adalah angkatan kerja yang tidak mempunyai pekerjaan dan berusaha mencari pekerjaan. Meskipun bekerja, mereka tidak bekerja lebih dari 2 hari dalam seminggu.

5. Badan Pusat Statistik

Pengertian pengangguran menurut BPS adalah penduduk yang tidak bekerja tetapi sedang mencari kerja atau mempersiapkan usaha baru atau penduduk yang tidak mencari kerja karena sudah diterima namun belum mulai bekerja.

6. Samuelson dan Nordhaus

Pendapat dari kedua ahli tersebut mengenai arti dari pengangguran adalah hasil efisiensi dari mekanisme permintaan pasar dan penawaran pasar dan dianggap sebagai "cuti masal".

7. Mankiw

Pengertian pengangguran menurut Mankiw adalah sebuah masalah makro ekonomi yang dapat mempengaruhi kelangsungan hidup manusia secara langsung. Pengangguran bagi mayoritas orang dianggap sebagai penurunan standar kehidupan.

8. Survey Keadaan Angakatan Keja Nasional

Menurut Sakernas atau Survey Keadaan Angakatan Keja Nasional, pengangguran adalah mereka yang sedang mencari pekerjaan atau tidak bekerja, mereka yang mempersiapkan usaha, mereka yang tidak mencari pekerjaan dan mereka yang sudah punya pekerjaan tetapi belum bekerja.

9. International Labor Organization

Pengertian pengangguran menurut ILO terbagi menjadi dua yaitu, pengangguran terbuka dan pengangguran terpaksa.

Pengangguran terbuka adalah manusia yang berada dalam usia kerja yang selama beberapa periode tidak bekerja dan bersedia menerima pekerjaan serta sedang mencari suatu pekerjaan.
Pengangguran terpaksa adalah orang yang bekerja sebagai karyawan atau seorang wirausahawan yang selama periode tertentu secara terpaksa bekerja kurang dari jam normal dan masih bersedia untuk mencari pekerjaan tambahan.

10. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Menurut KBBI, pengangguran adalah orang yang tidak melakukan apa-apa atau tidak bekerja.

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts