aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

7 Karakter Dasar Calon Wirausaha yang Perlu Diketahui

Karakter Dasar Calon Wirausaha yang Perlu Diketahui

Wirausaha adalah aktivitas kewirausahaan yang ditandai dengan terbiasa atau berbakat dalam menemukan produk baru, memutuskan cara  pengadaan produk baru, mempersiapkan manajemen pengadaan produk baru, pemasaran, mengelola modal kerja.

Wirausaha memiliki karakter-karakter dasar seorang wirausaha. Menurut McGraith & Mac Maillan (2000), ada tujuh karakter dasar yang perlu dimiliki setiap calon wirausaha.

Berikut ini ketujuh karakter-karakter bagi calon wirausaha.

Action Oriented

Bukan tipe orang yang suka menunda, wait and see, atau membiarkan suatu (kesempatan) berlalu begitu saja. Seorang wirausahawan tidak menunggu sampai segala sesuatunya jelas dulu, atau budgetnya ada dulu.

Kemudian, seorang wirausahawan tidak menunggu ketidakpastian pergi dulu, baru berusaha. Kemudian, memiliki niat ingin segera bergerak, walaupun situasinya tidak pasti (uncertain).

Prinsip yang dianut wirausahawan adalah see and do. Untuk wirausahawan, risiko bukanlah untuk dihindari, melainkan untuk dihadapi dan ditaklukkan dengan tindakan dan kelihaian.

Berpikir Simpel

Sekalipun dunia telah berubah menjadi kompleks, seorang wirausahawan akan selalu belajar menyederhanakannya. Dan sekalipun berilmu tinggi, mereka bukanlah menusia teknis yang ribet dan menghendaki pekerjaan yang kompleks.

Seorang wirausahawan melihat persoalan dengan jernih dan menyelesaikan masalah satu demi satu secara bertahap.

Selalu Mencari Peluang-Peluang Baru

Untuk usaha-usaha yang baru, wirausahawan selalu mau belajar yang baru, membentuk jaringan dari bawah dan menambah landscape atau scope usahanya.

Sedangkan dalam usaha yang sama, wirausahawan selalu tekun mencari alternatif-alternatif baru. Seperti contoh model, desain, platform, bahan baku, energi, kemasan, dan struktur produksi.

Mengejar Peluang Dengan Disiplin Tinggi

Bagi seorang wirausahawan, peluang bukan hanya dicari, melainkan diciptakan, dibuka, dan diperjelas. Karena, wirausaha melakukan investasi dan menanggung risiko, maka seorang wirausahawan harus memiliki disiplin yang tinggi.

Hanya Mengambil Peluang yang Terbaik

Seorang wirausaha akan menjadi sangat awas dan memiliki penciuman yang tajam pada waktunya. Maka wirausaha yang terlatih akan cepat membaca peluang.

Fokus Pada Eksekusi

Wirausaha bukanlah seorang yang hanya bergelut dengan pikiran, merenung atau menguji hipotesis, melainkan seorang yang fokus pada eksekusi.

Wirausaha tidak mau berhenti pada eksploitasi pikiran atau berputar-putar dalam pikiran penuh keragu-raguan.

Memfokus Energi Setiap Orang Pada Bisnis yang Digeluti

Seorang wirausahawan tidak bekerja sendirian. Dia menggunakan tangan dan pikiran banyak orang, baik dari dalam maupun luar perusahaannya.

Para wirausahawan lebih membangun jaringan daripada melakukan semua impiannya sendiri.


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar