aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

10 Pengertian Quality Control Menurut Para Ahli

Pengertian Quality Control, Pengertian Quality Control Menurut Para Ahli
Quality control atau pengendalian mutu atau bisa juga disebut dengan pengendalian kualitas adalah kegiatan yang biasa dilakukan di perusahaan.

Dalam kegiatan quality control ini pasti ada disiplin kerja yang harus ditegakkan agar semua proses yang menjadi harapan bisa diwujudkan.

Apa itu quality control?

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai pengertian quality control menurut para ahli.

Mari kita mulai...

1. Dewan Produktivitas Nasional

Quality control merupakan semua rangkaian aktivitas yang terpadu secara efektif dan dapat dipakai untuk mengembangkan dan melestarikan serta meningkatkan kualitas dari berbagai usaha seekonomis mungkin dan dapat memenuhi kepuasan.

2. Dr. K. Ishikawa

Menjelaskan bahwa pengertian quality control merupakan kegiatan meneliti, mengembangkan dan merancang serta memenuhi kepuasan pembeli, memberikan layanan yang baik dimana kegiatannya melibatkan semua aktivitas dalam suatu perusahaan, mulai dari atasan sampai karyawan.

3. Ishita Nobuyuki

Menyatakan bahwa quality control adalah semua aktivitas untuk menjaga dan memperbaiki produk yang ditawarkan kepada perusahaan. Quality control atau pengendalian mutu bukan hanya tanggung jawab bagian quality control saja, namun juga semua pihak.

4. Vincent Gasperz (2005:480)

Menyebutkan bahwa quality control merupakan teknik dan kegiatan operasional yang digunakan guna memenuhi persyaratan kualitas.

5. Feightboum

Menurutnya, quality control adalah sistem yang efektif untuk mengintegrasikan aktivitas pemeliharaan dan pengembangan mutu dalam perusahaan atau organisasi sehingga bisa mendapatkan produk dengan tingkat tinggi paling ekonomis dan dapat memuaskan pembeli.

6. Noor Fitrihana

Arti pengendalian mutu atau quality control adalah usaha untuk menjamin agar hasil dari kegiatan sesuai dengan rencana (planning) yang sudah direncanakan dan memuaskan pelanggan.

7. Astra TQC (1984)

Definisi quality control yaitu sistem manajemen yang mengikutsertakan semua jajaran pekerja pada semua tingkatan, dengan memakai konsepsi quality control dan metode statistik, untuk memperoleh kepuasan pembeli maupun karyawan.

8. Reksohadiproja (1995)

Mengungkapkan bahwa quality control merupakan usaha menentukan komponen yang rusak dan menjaga agar bahan untuk produksi di masa mendatang tidak rusak. Pengendalian mutu ini adalah suatu alat bagi manajemen untuk terus memperbaiki kualitas suatu produk jika diperlukan,  mengurangi jumlah bahan-bahan yang rusak dan mempertahankan kualitas yang sudah tinggi.

9. Stepen (Productivity Series No. 14, APO)

Mengartikan bahwa quality control atau pengendalian kualitas adalah rangkaian sistem efektif yang berguna melakukan pengembangan kualitas, menjaga dan berusaha meningkatkan mutu kerja, melalui usaha berbagai kelompok dalam perusahaan atau organisasi, sehingga memungkinkan untuk memproduksi produk dengan sangat ekonomis, serta dapat memberi kepuasan bagi pembeli.

10. Pusat Produktivitas Nasional (1985)

Mendefinisikan quality control sebagai sistem manajemen yang mengikutkan seluruh jabatan pada perusahaan dan secara musyawarah berusaha untuk meningkatkan mutu dan produktivitas serta memberi kepuasan kepada karyawan dan pembeli.

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts

2 komentar