aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

9 Pengertian Kuesioner Menurut Para ahli


Dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan permasalahan melalui penelitian, beberapa metode untuk memperoleh informasi sangat banyak jenisnya.

Salah satunya adalah kuesioner.

Penelitian yang menggunakan metode kuesioner akan mendapatkan jawaban secara langsung dari responden.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai pengertian kuesioner menurut para ahli.

Mari kita mulai...

1. Sugiyono (2013:199)

Pengertian kuesioner menurut Sugiyono adalah suatu teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan memberi pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden agar dijawab.

2. Nazir

Menyatakan bahwa kuesioner merupakan seperangkat pertanyaan yang secara logika berkorelasi dengan permasalahan penelitian. Setiap pertanyaan merupakan jawaban yang punya makna untuk menguji hipotesis.

3. Dewa Ktut Sukardi (1983)

Mendefinisikan kuesioner sebagai teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan pada metode penelitian dengan tidak perlu mendatangkan atau memerlukan kedatangan langsung dari sumber data.

4. Gault RH

Arti kuesioner adalah seperangkat pernyataan atau pertanyaan yang ditujukan kepada responden.

5. Bimo Walgito (1987)

Definisi kuesioner adalah kumpulan pertanyaan dalam sebuah penelitian yang diwajibkan untuk dijawab oleh target atau responden penelitian.

6. Kusumah (2011:78)

Angket atau kuesioner merupakan sekumpulan pertanyaan tertulis yang ditujukan kepada subjek penelitian untuk dikumpulkannya berbagai informasi yang dibutuhkan dalam penelitian.

7. Suharsimi Arikunto (2010:194)

Mengemukakan bahwa kuesioner merupakan sekumpulan pertanyaan tertulis yang diberikan kepada responden untuk memperoleh informasi.

8. Azwar (2009:101)

Menurutnya, kuesinoner adalah bentuk instrumen pengumpulan data yang relatif mudah digunakan dan fleksibel.

9. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Kuesioner adalah sebuah alat survei atau riset yang terdiri atas sekumpulan pertanyaan tertulis yang bertujuan untuk mendapatkan respon dari dari kelompok yang dipilih melalui wawancara pribadi atau melalui pos.

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar