aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

4 Fungsi Manajemen Beserta Penjelasannya

Manajemen, Fungsi, Planning, Organizing, Actuating, Controlling
Manajemen merupakan sebuah ilmu tentang cara mengatur dan mengelola kegiatan dengan baik dan cermat agar sebuah kegiatan dapat berjalan secara efektif dan efisien.

Menurut Peter Drucker, manajemen adalah orang yang memiliki banyak tujuan untuk mengelola bisnis serta mengelola manajer dan juga mengelola pekerja dan bekerja

Fungsi manajemn ada empat, biasa disingkat dengan POAC

1. Planning (Perencanaan)
2. Organizing (Pengorganisasian)
3. Actuating (Pengarahan)
4. Controlling (Pengendalian)

Berikut adalah ulasan dari keempat fungsi manajemen.

1. Planning
Perencanaan adalah kegiatan menetapkan suatu tujuan yang ingin dicapai dan kemudian akan disusun menjadi poin-poin sehingga dapat menentukan strategi-strategi yang baik.

Manajer yang baik dapat melihat peluang yang ada, mengkaji rencana dan mengevaluasi rencana untuk membuat perusahaan semakin lebih baik.

Kegiatan dalam perencanaan ini antara lain adalah menetapkan tujuan, menyusun strategi, menyiapkan sumber daya yang dibutuhkan dan menetapkan batas kesuksesan dari rencana yang ingin dicapai.

2. Organizing
Pengorganisasian adalah pengaturan sumber daya manusia dan sumber daya yang lain sesuai rencana yang telah ditetapkan untuk mencapai tujuan.

Pengorganisasian dapat membuat rencana menjadi lebih terkendali dan diharapkan bisa berjalan efektif dan efisien.

Kegiatan dalam pengorganisasian antara lain adalah mengalokasisan sumber daya ke dalam tugas-tugas yang telah ditetapkan, menetapkan garis tanggung jawab pada setiap lini kegiatan agar lebih terkendali dan menempatkan tenaga sesuai posisi yang tepat.

3. Actuating
Pengarahan merupakan kegiatan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi karyawan dalam pekerja agar lebih optimal.

Kegiatan dalam actuating adalah membimbing dan memotivasi pekerja, memberi penjelasan tentang tugasnya dan menjelaskan kebijakan yang ada.

4. Controlling
Pengendalian adalah upaya dalam menilai suatu kinerja berdasarkan standar yang telah dibuat dan akan melakukan perbaikan jika terjadi kekurangan pada pekerjaan selanjutnya.

Kegiatan dalam pengendalian adalah mengevaluasi pekerja, melakukan klarifikasi dan memberikan solusi.

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts