aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

11 Pengertian Disiplin Kerja Menurut Para Ahli

Disiplin Kerja
Pengertian disiplin kerja secara sederhana dapat diartikan sebagai tindakan yang patuh terhadap aturan yang ada dalam perusahaan.

Ketika bekerja kita dituntut untuk memenuhi segala peraturan yang ada dalam perusahaan tempat kita bekerja. Tujuannya adalah menciptakan iklim kerja yang aman dan nyaman bagi semua karyawan atau pekerja.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai pengertian disiplin kerja menurut para ahli.

Mari kita mulai...


1. Hasibuan

Menyatakan bahwa disiplin kerja merupakan kesadaran serta kerelaan seseorang dalam menaati semua peraturan yang ada di perusahaan dan norma sosial yang berlaku

2. Latener dan Livine

Mengartikan disiplin kerja sebagai sebuah sikap dan tingkah laku yang menunjukkan ketaatan pada aturan yang berlaku dalam menjalankan tugas untuk mewujudkan tujuan perusahaan dan juga menjadi media untuk mempertahankan eksistensi perusahaan.

3. Rivai

Disiplin kerja merupakan alat yang digunakan oleh manajer untuk berkomunikasi dengan para karyawan supaya mereka dapat mengubah perilaku serta sebagai sebuah upaya untuk meningkatkan kesadaran dan kesediaan seseorang dalam memenuhi segala peraturan.

4. Sultan Muhammad Zein dan J.S Badudu

Berpendapat bahwa disiplin kerja adalah tata, patuh, tertib.

5. Sindu Mulianto

Mengatakan bahwa disiplin kerja merupakan pemberlakuan tata tertib dan peraturan kerja dengan menanamkan norma dan etika kerja sehingga dapat menciptakan suasana kerja yang aman, tertib, tenang dan menyenangkan yang dapat menunjang tercapainya produktivitas dan efisiensi kerja yang optimal.

6. Natisemito

Menjelaskan bahwa disiplin kerja adalah sikap yang sesuai dengan peraturan perusahaan, baik yang tertulis maupun tidak tertulis.

7. Pandi Afandi

Disiplin kerja adalah sebuah peraturan yang dibuat oleh manajemen dalam sebuah organisasi, disahkan oleh pemilik modal atau dewan komisaris dan disepakati oleh serikat pekerja serta diketahui oleh Dinas Tenaga Kerja seterusnya orang-orang yang tergabung dalam organisasi tersebut tunduk pada tata tertib yang ada dengan rasa yang senang hati. Sehingga tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkain perilaku yang menunjukkan nilai ketaatan, kepatuhan, keteraturan dan ketertiban.

8. Keith David

Mengartikan disiplin kerja sebagai pelaksanaan menajemen untuk memperteguh pedoman dalam berorganisasi

9. Muhammad Busro

Pengertian disiplin kerja menurut Muhammad Busro adalah sikap kejiwaan seseorang atau kelompok yang senantiasa berkehendak untuk mematuhi segala peraturan yang telah ditentukan.

10. Siswanto

Menguraikan disiplin kerja sebagai sikap menghormati, patuh dan menghargai serta taat kepada peraturan yang berlaku baik yang tertulis maupun tidak tertulis dan sanggup menjalankannya, tidak menghindar untuk menerima sanksi jika melanggar tugas dan wewenang yang diberikan kepadanya.

11. Sutrisno

Disiplin kerja adalah perilaku seseorang yang berbanding lurus dengan praturan, prosedur kerja yang ada.

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts