aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Pengertian, Jenis dan Manfaat Asuransi Kesehatan yang Wajib Kita Pahami


Dalam kehidupan kita terdapat 2 jenis kejadian. Pertama kejadian terduga dan yang kedua kejadian yang tak terduga. Sebagian pasti akan lebih dikejutkan dengan kejadian yang tak terduga.

Kenapa? yang pasti kejadian ini datangnya secara tiba-tiba. Sebagai contoh bencana alam, kejadian bencana alam ini datangnya pasti tidak kita duga-duga sebelumnya.

Apa dampak yang ditimbulkan? yang pasti orang akan dirugikan dengan adanya bencana alam, contoh rumah kita hancur, kehilangan pekerjaan, bahkan sampai kematian.

Untuk mengatasi kerugian-kerugian tersebut, kita harus pandai-pandai untuk mensiasatinya. Salah satunya tindakan yang paling tepat untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan berinvestasi ke dalam asuransi.

Pada artikel kali ini admin akan bagikan mengenai pengertian, manfaat, jenis asuransi kesehatan.

1. Pengertian  

Menurut kbbi asuransi adalah pertanggungan (perjanjian antara dua pihak, pihak yang satu berkewajiban membayar iuran dan pihak yang lain berkewajiban memberikan jaminan sepenuhnya kepada pembayar iuran apabila terjadi sesuatu yang menimpa pihak pertama atau barang miliknya sesuai dengan perjanjian yang dibuat). 

Maksud dari asuransi, bila suatu saat nanti nasabah mengalami sebuah musibah. maka, pihak perusahaan/penanggung akan mengganti kerugian nasabah setelah nasabah menyepakati membayar uang premi. Premi merupakan uang imbalan dari nasabah untuk perusahaan.


2. Jenis

Berdasarkan jenis perawatannya asuransi dibagi menjadi dua.


  • Asuransi Rawat Inap
Asuransi ini menanggung beban ketika pasien berada di rumah sakit. Tetapi nasabah tidak langsung mendapatkan asuransi. Ada batasan waktu minimal berada di rumah sakit untuk mendapatkan asuransi dari perusahaan asuransi. Biasanya untuk mendapatkan asuransi perlu 6-16 jam.

Asuransi rawat inap merupakan jenis asuransi yang paling banyak digunakan. Karena memang biaya yang dibutuhkan untuk membiayai di rumah sakit tidak murah. Dengan adanya asuransi para nasabah akan sangat terbantu.

  • Asuransi Rawat Jalan
Asuransi ini memberikan penanganan pada nasabah ketika diluar rumah sakit. Baik setelah menjalani perawatan di rumah sakit atau hanya untuk cek kesehatan.

Asuransi ini biasanya merupakan bentuk tambahan dari asuransi rawat inap.


3. Manfaat 
  • Menenangkan Pikiran 
Duka kematian yang dialami keluarga adalah sebuah pukulan berat yang harus dijalani. Apalagi jika korban adalah tulang punggung keluarga. Maka otomatis akan berhenti/hilangnya sumber penghasilan. 

Hal tersebut bisa kita hindarkan dengan membeli polis asuransi. Jadi kita tidak usah khawatir jika ada salah satu keluarga kita yang meninggal dan kondisi keuangan pasca meninggal akan tetap aman.
  • Lebih Berfokus Pada Usaha
Bila kita telah memiliki asuransi otomatis kita akan lebih aman dan tenteram karena hidup kita sudah terjamin dan kita lebih bisa berfokus pada usaha yang kita jalankan.

  • Membantu Menabung
Bagi yang merasa susah menabung, asuransi adalah cara yang cocok untuk kalian menabung.

  • Meminimalisir Potensi Resiko
Perusahaan asuransi telah memberikan rekomendasi terkait terjadinya resiko yang terjadi pada nasabah. Oleh karena itu bisa lebih berhari-hati tentang resiko yang terjadi.

  • Dapat mentranfer resiko
Nasabah dapat memindahkan resiko ketidakpastian atas hidup dan barang atau harta benda ke perusahaan asuransi, hanya dengan memberi sedikit premi.
Related Posts

Related Posts

1 komentar

  1. Setuju banget dengan beberapa manfaat asuransi yang diulas tersebut. Asuransi kesehatan itu memang penting untuk semua orang. Btw, salam kenal ya, kak.

    BalasHapus