aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

7 Makanan Enak Penurun Kolesterol

7 Makanan Enak Penurun Kolesterol


Kolesterol tinggi merupakan suatu kondisi dimana kadar kolesterol jahat lebih banyak daripada kolesterol baik.

Kolesterol sendiri adalah lemak (lipid) berupa zat lilin yang terdapat pada darah. Bagian tubuh yang memproduksi kolesterol adalah hati dan sumber kolesterol lainnya berasal dari makanan.

Fungsi kolesterol sendiri sebenarnya cukup baik. Antara lain, memproduksi sel sehat dan hormon.

Meskipun baik, kondisi tubuh yang terlalu banyak kolesterol akan menimbulkan efek negatif.

Kolesterol tinggi dapat berakibat pada penyempitan pembuluh darah akibat plak. Jika plak terus menumpuk dan tidak ada usaha untuk menurunkan kadar kolesterol, lama kelamaan suplai oksigen ke seluruh tubuh akan menjadi lambat.

Untuk mengatasi hal tersebut kita dapat menjaga pola makan kita secara teratur. Bukan hanya teratur saja, pemilihan makanan yang tepat juga dapat mencegah atau menurunkan kadar kolesterol.

Berikut kami ulas 7 makanan yang dapat membantu melawan kolesterol jahat pada tubuh kalian.

1. Alpukat

Buah dengan biji yang lumayan besar ini mempunyai tekstur daging buah yang unik. Tidak semua orang menyukai buah yang satu ini karena rasanya berbeda dengan buah-buah pada umumnya.

Buah ini memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi. Baik lemak jenuh maupun lemak tak jenuh. Tetapi kandungan lemak tak jenuh yang berasa pada buah alpukat jauh lebih tinggi dibandingkan dengan lemak jenuhnya.

Hal tersebut menandakan bahwa alpukat sangat baik untuk kesehatan. Khususnya untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Memakan rutin buah alpukat sangat dianjurkan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat.

2. Pisang

Siapa yang tidak tahu dengan buah yang satu ini. Keberadaan buah pisang sangat mudah ditemukan dengan berbagai macam jenis dan ukuran.

Pisang mengandung berbagai macam gizi yang baik untuk kesehatan. Seperti, lemak, vitamin dan kalsium.

Pisang bisa membantu melambatkan pertumbuhan plak pada dinding pembuluh darah. Dengan demikian kadar kolesterol jahat yang menempel pada dinding pembuluh darah akan membutuhkan waktu yang lebih lama dari biasanya.

Sehingga lama kelamaan kolesterol jahat akan bisa disingkirkan.

3. Anggur

Buah ini termasuk dalam kategori tanaman perdu yang termasuk dalam kategori Vitaceae. Buah anggur dapat diolah menjadi berbagai macam makanan seperti jelly, kismis dan bisa dibuat sebagai jus penurun kolesterol.

Baca Juga : 7 Makanan Enak yang Ternyata Mengandung Kolesterol Tinggi

Anggur mempunyai kadar antioksidan yang tinggi apalagi anggur merah.

Kadar antioksidan yang tinggi dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDH)

4. Pepaya

Pepaya merupakan buah yang berasal dari meksiko bagian utara dan bagian selatan dari amerika. Dan sekarang ini sudah tersebar ke seluruh daerah tropis. Pepaya merupakan satu-satunya buah dalam genus Carica.

Kandungan dalam pepaya ini antara lain ada antioksidan, serat dan vitamin C.

Kandungan antioksidan dapat melawan kolesterol jahat dalam tubuh.

Selain dimanfaatkan buahnya, daun pada tanaman pepaya juga bisa dimanfaatkan menjadi makanan. Biasanya diolah menjadi sayur.

5. Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan ikan dari jenis famili Salmonidae yang merupakan spesies anadromous yang artinya spesies yang bermigrasi untuk proses reproduksi atau berkembang biak.

Ikan salmon lahir di air tawar kemudian bermigrasi ke laut dan kembali lagi ke air tawar untuk prodes berkembang biak.

Salmon mengandung asam omega-3 yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterolbaik dan menjadikan trigliseria lebih rendah.

Selain itu, ikan salmon juga mempunyai kandungan protein yang baik untuk kesehatan jantung.

6. Cokelat Hitam

Selain enak dimakan, ternyata cokelat mempunyai kendungan gizi yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Sebelumnya cokelat hitam merupakan makanan yang berasal dari kakao.

Kakao mempunyai kandungan flavanoid yang yang tinggi. Flavanoid inilah yang berfungsi menurunkan tekanan darah dan juga menyehatkan pembuluh darah serta menurunkan kadar kolesterol.

Semakin tinggi kadar kakao yang terdapat dalam cokelat, semakin tinggi juga kandungan flavanoidnya.

7. Teh Hijau

Teh hijau atau yang mempunyai nama latin Camellia sinensis ini merupakan minuman yang populer di kawasan asia timur dan asia tenggara.

Orang-orang sudah lama percaya bahwa teh hijau dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan juga melawan kolesterol jahat.

Kandungan flavanoid pada teh hijau ini biasa disebut katekin. Katekin inilah yang membantu menurunkan penyerapan kadar kolesterol dalam makanan yang telah kita konsumsi.

Sehingga ketika penyerapan tersebut berkurang kolesterol baik akan bekerja untuk melawan kolesterol jahat dan penurunan kadar kolesterol dapat dirasakan manfaatnya.

DONASI VIA SAWERIA Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperbaharui blog mingseli.id agar lebih baik. Terima kasih.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar