aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Inilah Daftar Cedera yang Sering Dialami Pesepakbola

Inilah Daftar Cedera yang Sering Dialami Pesepakbola

Sepak bola merupakan olahraga yang paling banyak digemari seluruh masyarakat di penjuru dunia. Olahraga yang berdiri pada abad ke-19 ini selalu menjadi sorotan publik, baik di dalam maupun di luar negeri.

Tak bisa dipungkiri, bahwa setiap pertandingan sepakbola selalu dipenuhi dengan drama yang beragam. salah satunya adalah insiden cedera pemain. Cedera merupakan hal yang wajar bagi setiap pemain olahraga, apalagi sebagai pemain sepak bola. Saling adu kekuatan antar pemain menjadi salah satu pemicu terjadinya cedera.

Dampak utama dari cedera sendiri adalah dapat menghambat karier dari sang pemain, dan juga bagi club maupun tim nasional yang ia bela menjadi tersendat karena kehilangan tenaganya.

Berikut telah kami rangkum, cedera-cedera yang sering dialami oleh para pesepakbola di seluruh dunia.

1. Cedera Hamstring
Inilah Daftar Cedera yang Sering Dialami Pesepakbola

Hamstring merupakan cedera yang paling sering terjadi di sepakbola. Jika terkena cedera ini rata-rata seorang pemain akan tidak bermain selama 90 hari. Ia juga bisa kehilangan kurang lebih 15 pertandingan.

Penyebab umum hamstring pemain bola adalah ketika si pemain salah posisi dalam mendaratkan kaki ketika selesai melakukan loncatan untuk menyambut umpan lambung, ataupun salah meletakkan posisi kaki setelah melakukan manuver teknik sambil berlari.

2. Otot Ketarik / Kram

Inilah Daftar Cedera yang Sering Dialami Pesepakbola

Otot ketarik merupakan golongan cidera ringan bagi pemain. Cedera ini terjadi akibat otot tertarik pada arah yang salah, kontraksi otot yang berlebihan atau ketika terjadi kontraksi, otot belum siap.

Kunci agar terhindar dari cedera ini adalah lakukan stretching/pemanasan terlebih dahulu sebelum pertandingan. 

3. Cedera Engkel 

Inilah Daftar Cedera yang Sering Dialami Pesepakbola
Cedera engkel merupakan hal yang paling ditakuti oleh para pemain bola. kenapa? karena waktu untuk penyebuhannya cukup lama. 

Berikut penyebab cedera engkel yang dialami pesepak bola. 
1. Alas kaki / Sepatu yang kurang nyaman.
2. Otot disekitar pergelangan kaki lemah
3. Tidak melakukukan/kurang melakukan pemanasan
4. Permukaan lapangan yang tidak rata.
5. Balance tubuh buruk.

4. Cedera Tulang Tengkorak

Inilah Daftar Cedera yang Sering Dialami Pesepakbola
Awal cedera ini adalah adanya benturan keras sesama pemain di bagian kepala. Kalau pemain sudah mengalami cedera ini. pemain tersebut dianjurkan untuk menggunakan helm pelindung, seperti pemain hookey.

sebagai contoh pemain bola yang menggunakan helm adalah kiper punggawa arsenal, peter cech.

5. Cedera Lutut 

Inilah Daftar Cedera yang Sering Dialami Pesepakbola

Cedera ini memang jarang menimpa pemain sepak bola, tapi ketika pemain sudah terkena cedera ini. maka, cedera akan terus kambuh dan selalu menghantui pemain. Contoh pemain bintang yang familliar yaitu Ronaldo mantan pemain timnas brazil. 

Penyebab dari cedera ini adalah faktor kelelahan ataupun faktor terlalu cepat dalam menggerakkan kaki ketika menendang atau saat menghalau bola.

Itu tadi daftar cedera umum yang sering dialami pesepak bola. semoga dapat membantu wawasan kalian.

Semoga Bermanfaat!
Related Posts

Related Posts