aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

25+ Contoh Kata Hiponim dalam Kalimat Bahasa Indonesia

Contoh Kata Hiponim dalam Kalimat Bahasa Indonesia

Dalam bahasa Indonesia ada banyak berbagai jenis kalimat di dalamnya, salah satunya adalah kalimat hiponim.

Istilah hiponim juga diambil dari bahasa Yunani kuno, kata onoma berarti ‘nama’ dan hypo berarti ‘dibawah’.

Secara umum, hiponim merupakan kata atau frasa yang maknanya terdapat tercakup dalam kata atau frasa yang sifatnya lebih umum. atau kata lain dapat diartikan sebagai kata turunan atau anak kata dari kata utama atau induk kata.


Contoh

Berikut ini contoh dari kata hiponim yang disusun dalan sebuah kalimat.

1. Pada kebun binatang Semarang terdapat monyet, ular, harimau, merak. (kata bergaris miring adalah hiponim dari binatang).

2. Joni dapat menguasasi beberapa bahasa diantaranya bahasa mandarin, bahasa melayu, dan bahasa inggris. (kata bergaris miring adalah hiponim dari bahasa).

3. Jawa tengah mempunyai 3 gunung tertinggi diantaranya gunung slamet, gunung lawu, dan gunung merbabu. (kata bergaris miring adalah hiponim dari gunung).

4. Toko Budi menyediakan jenis pupuk fosforus, pupuk nitrogen dan pupuk kalium. (kata bergaris miring adalah hiponim dari pupuk).

5. Surmi telah mempraktekan berbagai jenis roti mulai dari roti coklat, roti pisang, roti pelangi dan roti kering. (kata bergaris miring adalah hiponim dari roti).

6. Tubuh manusia terdapat beberapa jenis otot diantaranya otot lurik, otot polos dan otot jantung. (kata bergaris miring adalah hiponim dari otot).

7. Helsa saat ini memelihara kucing persia, russian blue, anggora dan savannah di rumahnya. (kata bergaris miring adalah hiponim dari kucing).

8. Kejuaraan asian games akan diikuti beberapa negara yang saling bertanding dinataranya Singapura, Malaysia, Brunei dan Timor Leste. (kata bergaris miring adalah hiponim dari negara).

9. Kirman suka sekali makan berbagai jenis durian seperti durian monthong, petruk, bokor. (kata bergaris miring adalah hiponim dari durian).

10. Manusia memiliki mata, telinga, hidung, lidah dan kulit yang sehat adalah anugerah yang perlu di syukuri. (kata bergaris miring adalah hiponim dari panca indra).

11. Dalam galaksi bimasakti terdapat planet Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. (kata bergaris miring adalah hiponim dari planet).

12. Toko makan sari memiliki beberapa menu ikan seperti ikan mas, nila dan patin. (kata bergaris miring adalah hiponim dari ikan).

13. Budi memiliki hewan ternak seperti ayam, sapi, kambing di belakang rumahnya. (kata bergaris miring adalah hiponim dari ternak). 

14.Indonesia memiliki transportasi online teratas seperti gojek dan grab. (kata bergaris miring adalah hiponim dari transportasi online).

15. Sari menjual aneka macam minuman buah seperti es jeruk, es jambu, es jeruk nipis. (kata bergaris miring adalah hiponim dari minuman).

16. batu jenis marmer, andesit, sabak, palimanan dan candi banyak dimanfaatkan untuk bahan bangunan rumah. (kata bergaris miring adalah hiponim dari batu).

17. Risma sering elergi setelah makan kol, buncis, dan buncis. (kata bergaris miring adalah hiponim dari sayuran).

18. Kecoa, nyamuk, lalat dan semut mati karena disemprot cairan anti serangga. (kata bergaris miring adalah hiponim dari serangga).

19. Air hujan, sumur, laut, sungai, telaga, salju dan embun dapat kita gunakan untuk bersuci. (kata yang bergaris miring adalah hiponim dari air).

20. Meja dan bangku kantor budi terbuat dari kayu mahoni, sonokeling atau sengon. (kata yang bergaris miring adalah hiponim dari kayu).

21. Juru parkir kebingungan menata mobil, motor dan sepeda karena jumlahnya yang terlalu banyak. (kata bergaris miring adalah hiponim dari kendaraan).

22. Heri terkena panu, kurap, kudis dan bisul karena tidak menjaga kebersihan badan. (kata yang bergaris miring adalah hiponim dari penyakit kulit).

23. Toko sari menjual baju berbahan cotton combed, cotton bamboo, dan cotton supima. (kata yang bergaris miring adalah hiponim dari kain).

24. Candi Arjuna, Candi Sewu, Candi Borobudur, Candi Bubrah merupakan candi-candi yang terdapat di Jawa Tengah. (kata yang bergaris miring adalah hiponim dari candi).

25. Doni menanam singkong dan ubi, kentang di ladang belakang rumah. (kata yang bergaris miring adalah hiponim dari umbi-umbian).


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar