aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Hadist Tentang Mimpi

Hadist Mimpi, Mimpi, Tidur

Pertama

   عن انس بن ما لك ان رسول الله ص قال الرؤياالحسنة من الرجل الصالح جز من ستة واربعين خزامن النبوة.


'An Anasibni Maalikin anna Rasuulallaahi shallallaahu 'alayhi wasallana qaala : Arru'yal hasanatu minar rajulish shaalihi juz-un min sittatin wa arba'iina juz-an minan nubuwwati.

Artinya : Dari Anas bim Malik bahwa Rasulullah saw. Bersabda : Mimpi yang baik dari orang saleh adalah sebagian dari 46 bagian kenabian.


Kedua

عن ابيسعيراخد ري انه سمع النبي ص يقول : اذا رااحدكم روءيايحبهافانما هى من الله فليحمدالله عليها وليحدث بها. واذا راءي غير ذلك مما يكره فانما هى من الشيطان فليتعذ من شرها ولا يذكرها لاحد فانها لا تضره.


'An Abii Sa'iidinil Khudriyyi annahu sami'an Nabiyya shallallaahu 'alayhi wasallama yaquuhu idzaa ra-a ahadukum ru'yaa yuhibbuhaa fainnamaa hiya minallaahi falyahmadilaaha 'alayhaa walyuhaddist bihaa. Waidzaa ra-aa ghayra dzaalika mimmaa yakharu fainnamaa hiya minasy syaythaani falyasta'idz min syarrihaa walaa yadzkur-haa liahadin fainnahaaa laa tadhurruhu.

Artinya : Dari Abu Said al-Khudri bahwa ia mendengar Nabi saw. Bersabda : Jika seorang diantaramu bermimpi yang menyenangkan maka mimpi itu dari Allah dan pujilah Allah (membaca al-hamdulillah) dan bolehlah diceritakan mimpinya. Dan jika bermimpi yang bukan seperti itu yaitu mimpi yang jelek, maka mimpi itu dari syetan dan berlindunglah pada Allah (membaca ta'awwudz) dari kejahatanya, dan janganlah menceritakannya kepada seseorang, maka mimpi itu tidak membahayakan padanya.

Ketiga

عن ابي هريرت قال : سمت النبي ص يقول لم يبق من النبوة الا المبشرات، قالوا وما المبشرات؟ قال : الرؤيا الصالحة. 

'An Abii Hurayrata qaala : sami'tun Nabiyya shallallaahu 'alayhi wasallama yaquulu : Lam yabqaa minan Nubuwwati illal mubasysyiraati. Qaaluu : Wamal mubasysyiraatu? Qaala : Arru'yash shaalihatu.

Artinya : Dari abu Hurairah berkata : Aku mendengar Nabi saw. bersabda : Tidak tinggal kenabian kecuali berupa hiburan-hiburan. Sahabat-sahabat bertanya : Apakah hiburan-hiburan itu? Nabi menjawab : Mimpi yang baik.

Baca Juga: Kitab Allah dan Dalil Naqlinya

Keempat

عن ابي هريرة قال سمعت النبي ص يقول من راني في المنام فسيراني في اليقظة ولا يتمثل اشيطان بي.


'An Abii Hurayrata qaala : sami'tum Nabiyya shallallahu 'alayhi wasallama yaquulu : Man ra-aanii filmanaami fasayaraanii fil yaqazhati walaa yatamatstsalusy syaythaanu bii.

Artinya : Dari Abuh Hurairah berkata : Aku mendengar Nabi saw. bersabda : Barangsiapa bermimpi aku (Nabi) dalam tidurnya maka ia akan melihat aku dalam jaga dan tidaklah syetan akan menyerupai aku.

Keterangan : perkataan "melihat aku dalam jaga" maksudnya benar benar seperti melihat Nabi sewaktu masih tinggal di Madinah atau di waktu hidupnya, dan syetan tidak akan berhasil menipu orang yang bermimpi itu.


Kelima

عن ابن عمران رسول االلة ص قال ان من افري الفري ان يري عينية مالم ير.

'Anibni 'Umara anna Rasuulallahi shallallhu 'alayhi wasallama qaala : Inna min afral firaa an yuriya 'aynayhi maa lam ya raa.

Artinya : Dari Ibn Umar bahwa Rasulullah saw. bersabda : sesungguhnya kebohongan yang paling besar ialah (menyatakan) bahwa matanya melihat sesuatu yang belum pernah dilihatnya.
Related Posts

Related Posts