aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Kitab Allah dan Dalil Naqlinya


Al-quran, Kitab Allah, Dalil Naqli

Iman kepada kitab Allah merupakan rukun iman yang ketiga dari 6 rukun iman. Sebagai muslim kita harus mempercayai (mengimani) adanya kitab-kitab Allah tersebut.

Secara keseluruhan ada 4 kitab yang diturunkan oleh Allah ke bumi melalui para nabi. Masing-masing nabi yang menerima adalah Nabi Daud, Nabi Musa, Nabi Isa dan Nabi Muhammad SAW.

Dalam artikel kali ini kami akan memberikan wawasan untuk menambah keimanan teman-teman semua dengan menyampaikan kitab Allah dan dalil naqlinya.

Baca Juga: Manfaat dan Pahala Puasa Bulan Dzulhijjah

Sebelum ke pembahasan, apakah teman-teman sudah tahu apa itu dalil naqli?

Jika belum teman-teman bisa lihat di akhir artikel.

1. Zabur (Nabi Daud)

وَرَبُّكَ اَعْلَمُ بِمَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ ۗ  وَلَقَدْ فَضَّلْنَا بَعْضَ النَّبِيّٖنَ عَلٰى بَعْضٍ وَّاٰتَيْنَا دَاوٗدَ زَبُوْرًا

"Dan Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang di langit dan di bumi. Dan sungguh, Kami telah memberikan kelebihan kepada sebagian nabi-nabi atas sebagian (yang lain), dan Kami berikan Zabur kepada Dawud."
(QS. Al-Isra' 17: Ayat 55)

2. Taurat (Nabi Musa)


وَاٰتَيْنَا مُوْسَى الْـكِتٰبَ وَ جَعَلْنٰهُ هُدًى لِّبَنِيْۤ اِسْرَآءِيْلَ اَ لَّا تَتَّخِذُوْا مِنْ دُوْنِيْ وَكِيْلًا 

"Dan Kami berikan kepada Musa, Kitab (Taurat) dan Kami jadikannya petunjuk bagi Bani Israil (dengan firman), Janganlah kamu mengambil pelindung selain Aku."
(QS. Al-Isra' 17: Ayat 2)

3. Injil  (Nabi Isa)


وَقَفَّيْنَا عَلٰٓى اٰثَارِهِمْ بِعِيْسَى ابْنِ مَرْيَمَ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ التَّوْرٰٮةِ ۖ  وَاٰتَيْنٰهُ الْاِنْجِيْلَ فِيْهِ هُدًى وَّنُوْرٌ  ۙ  وَّ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ التَّوْرٰٮةِ وَهُدًى وَّمَوْعِظَةً لِّـلْمُتَّقِيْنَ

"Dan Kami teruskan jejak mereka dengan mengutus Isa putra Maryam, membenarkan kitab yang sebelumnya, yaitu Taurat. Dan Kami menurunkan Injil kepadanya, di dalamnya terdapat petunjuk dan cahaya, dan membenarkan kitab yang sebelumnya yaitu Taurat, dan sebagai petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa."
(QS. Al-Ma'idah 5: Ayat 46)

4. Al-Qur'an (Nabi Muhammad)


نَزَّلَ عَلَيْكَ الْـكِتٰبَ  بِالْحَقِّ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ وَاَنْزَلَ التَّوْرٰٮةَ وَالْاِنْجِيْلَ

"Dia menurunkan Kitab (Al-Qur'an) kepadamu (Muhammad) yang mengandung kebenaran, membenarkan (kitab-kitab) sebelumnya, dan menurunkan Taurat dan Injil,"
(QS. Ali 'Imran 3: Ayat 3)

Dalil naqli adalah dalil yang bersumber langsung dari ayat-ayat Allah SWT. Jadi dalil tersebut bisa dikatakan 100% kebenaranya.

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts