aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

14 Pengertian Komunikasi Interpersonal Menurut Para Ahli

Komunikasi, Komunikasi Interpersonal, Pengertian Komunikasi Interpersonal, Pengertian Komunikasi Interpersonal Menurut Para Ahli

Manusia merupakan makhluk yang membutuhkan manusia lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, salah satunya dalam komunikasi.

Komunikasi yang terjadi antarmanusia bisa memberikan dampak yang positif.
Salah satu bentuk komunikasi adalah komunikasi interpersonal.

Pada artikel kali ini kami akan menyajikan materi mengenai pengertian komunikasi interpersonal menurut para ahli.

Mari kita mulai...

1. Joseph A Devito

Pengertian komunikasi interpersonal menurut Joseph A Devito adalah suatu komunikasi yang dilakukan secara tatap muka oleh dua orang dengan adanya umpan balik dan juga menerapkan sikap jujur, tanggung jawab dan melibatkan perasaan terhadap pesan yang disampaikan dalam proses komunikasi.

2. Mulyana (2004:73)

Menjelaskan bahwa komunikasi interpersonal adalah komunikasi antara orang-orang secara langsung dan tatap muka yang memungkinkan individu tersebut menangkap reaksi secara langsung, baik verbal maupun non verbal.

3. Arni Muhammad (2005:159)

Mengungkapkan bahwa komunikasi interpersonal merupakan suatu proses pertukaran informasi diantara seseorang dengan orang lain atau bisa juga antara dua orang yang bisa diketahui balikannya.

4. Tubbs dan Moss (2008)

Definisi komunikasi interpersonal adalah proses komunikasi antara komunikator dan komunikan yang ditandai dengan terwujudnya saling pengertian, kesenangan, saling mempengaruhi, hubungan sosial yang baik dan juga adanya tindakan nyata sebagai umpan balik.

5. Effendi

Berpendapat bahwa komunikasi interpersonal merupakan komunikasi antara komunikan dan komunikator dan komunikasi ini dianggap paling efektif dalam mengubah pola pikir, sikap, pendapat dan juga perilaku seseorang karena komunikasi ini memiliki sifat yang dialogis berupa percakapan.

6. Hanani

Menyatakan bahwa komunikasi interpersonal merupakan komunikasi antarpribadi yang merujuk pada proses kedekatan, keintiman yang terjadi pada komunikasi tersebut dengan tujuan pesan yang disampaikan ada efek secara langsung.

7. G.R Miller dan M. Steinberg (1975)

Menurutnya komunikasi interpersonal adalah komunikasi yang terjadi pada hubungan interpersonal.

8. Maulana dan Gumelar (2013:75)

Arti komunikasi interpersonal merupakan komunikasi yang terjadi pada dua individu, misalnya orang tua dan anak, guru dan murid dan juga suami-istri.

9. Johnson (2002)

Mendefinisikan komunikasi interpersonal sebagai kemampuan individu untuk menilai, mengembangkan dan juga memelihara komunikasi yang akrab, hangat dan produktif dengan orang lain.

10. Judy C. Pearson, dkk (2011)

Mengemukakan bahwa komunikasi interpersonal merupakan proses yang menggunakan pesan untuk mencapai kesamaan makna antara paling tidak dua orang dalam situasi tertentu yang memungkinkan ada pembicara dan pendengar.

11. McDavid dan Harari

Pengertian komunikasi interpersonal merupakan komunikasi yang bersetting pada objek sosial untuk mengetahui makna suatu stimulus yang berupa informasi.

12. Pace

Menjelaskan bahwa komunikasi interpersonal adalah komunikasi yang berlangsung antara dua orang atau lebih yang dilakukan secara tatap muka atau jarak jauh dimana pengirim bisa menyampaikan pesan dan penerima bisa menanggapi.

13. Ronald D. Adler, dkk (2009)

Mengungkapkan bahwa komunikasi interpersonal merupakan komunikasi antara 2 orang atau secara kontekstual komunikasi interpersonal.

14. Gitosudarmo dan Mulyono

Definisi komunikasi interpersonal merupakan komunikasi yang berbentuk tatapan muka, bentuk interaksi dari individu ke individu lain dan bisa dilakukan dengan dua arah baik verbal maupun non verbal, selain itu juga sebagai sarana untuk saling berbagai informasi dan perasaan.

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar