aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

5 Contoh Pengangguran Terbuka dan Penjelasan

Contoh Pengangguran Terbuka dan Penjelasan

Penganggur terbuka merupakan seseorang yang tak punya pekerjaan, mencari pekerjaan, mempersiapkan usaha, tidak mencari pekerjaan, dan merasa tidak mungkin mendapatkan pekerjaan.

Penyebab pengangguran terbuka adalah lapangan kerja yang tidak tersedia, atau tidak adanya kecocokan antara lowongan kerja dengan latar belakang pendidikan yang dimiliki.

Berikut ini beragam contoh-contoh kasus pengangguran terbuka yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Mahasiswa yang Telah Lulus

Ada seorang lulusan S1 universitas ternama di jakarta ingin melamar di beberapa tempat. Tetapi, beberapa perusahaan masih belum membuka lowongan pekerjaan, sehingga ia masih belum memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan atau keahliannya.

Sehingga harus menunggu sampai adanya panggilan kerja dan tanpa melakukan pekerjaan apapun yang bisa saja menghasilkan gaji.

Oleh karena itu, lulusan S1 tersebut tergolong menganggur. Itulah yang disebut dengan pengangguran terbuka.

Pada Usia Produktif Berhenti Bekerja

Ada seseorang yang baru saja lulus dari universitas ternama, memutuskan untuk rehat sejenak beberapa bulan setelah kelulusannya.

Oleh karena itu, lulusan tersebut tidak memiliki pekerjaan apapun dan hanya menikmati hidupnya sehingga disebut sebagai pengangguran terbuka.

Pada Usia Produktif Malas Mencari Kerja

Ada seorang SMK yang baru lulus mengaku malas mencari kerja karena beranggapan bahwa mencari pekerjaan tidaklah mudah. 

Sebab itu, dirinya hanya berdiam diri di rumah tanpa melakukan upaya agar memperoleh pekerjaan atau menciptakan lapangan kerja.

Oleh karena itu, lulusan tersebut benar-benar menganggur sehingga disebut sebagai pengangguran terbuka.

Lowongan Pekerjaan Tidak Ada

Ada lulusan jurusan pendidikan agama Islam yang belum bekerja karena tidak ada lowongan pekerjaan sebagai guru Pendidikan Agama Islam.

Sehingga, dirinya salah satu contoh sebagai pengangguran terbuka dikarenakan lowongan pekerjaan yang tersedia tidak cocok dengan latar belakang pendidikan yang dikuasainya.

Tidak Punya Pekerjaan

Seorang yang baru saja lulus sekolah sedang berusaha mencari pekerjaan dengan cara berkumpul bersama teman-temannya guna memperluas jaringan.

Tetapi, saat itu dirinya tidak melakukan pekerjaan yang menghasilkan uang. Hal tersebut yang dikenal sebagai pengangguran terbuka karena tidak memiliki pekerjaan.


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar