aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Manfaat Lari Jarak Pendek yang Perlu Dipahami

Manfaat Lari Jarak Pendek yang Perlu Diketahui

Pengertian lari jarak pendek atau sprint merupakan jenis olahraga yang dilakukan dengan mengandalkan kekuatan dan kecepatan penuh sepanjang garis lintasan mulai dari start sampai finis.

Tak hanya sebagai ajang perlombaan, lari jarak pendek atau lari sprint memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh.

Berikut ini manfaat-manfaat lari jarak pendek yang perlu diketahui.

Perkembangan Kekuatan Otot

Lari jarak pendek merupakan jenis aktivitas yang tergolong dalam olahraga anaerobik. Dalam aktivitas anaerobic dapat merubah glukosa menjadi energi tanpa menggunakan oksigen. 

Dengan begitu, tubuh akan menjadi lebih bertenaga dikarenakan menyerap energi lebih banyak dan menggunakan sumber energi yang tersimpan di otot.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Dalam olahraga lari tidak hanya membentuk sixpack perut, tetapi juga dapat membuat jantung lebih kuat dan lebih efektif dalam melakukan tugasnya. 

Melakukan aktivitas lari jarak pendek atau sprint mampu meningkatkan denyut jantung maksimal sehingga memungkinkan bekerja lebih efisien.

Menurunkan Stres

Seperti halnya olahraga lain, pada lari jarak pendek juga dapat memerangi stres. Ketika berlari, tubuh mampu melepaskan endorfin yang memberi kenyamanan pada otak. 

Sesudah tubuh bekerja keras ketika berlari, kadar hormon stres yang ada dalam tubuh, seperti adrenalin dan kortisol akan turun. 

Akibatnya stres dan kecemasan akan menghilang. Endorfin dapat cenderung meningkat pada akhir sesi lari, dan memberi pelari perasaan percaya diri dan lega.

Mempercepat Pertumbuhan 

Manfaat dalam lari jarak pendek juga mampu meningkatkan produksi hormon pertumbuhan manusia (HGH) didalam tubuh secara alami. 

Hormon memegang peran penting dalam menurunkan berat badan dan memperlambat proses penuaan dengan meningkatkan pertumbuhan jaringan pada tubuh.

Meningkatkan Pembakaran Lemak

Pembakaran lemak merupakan proses ketika tubuh membakar lemak dan menggunakannya untuk energi. 

Pada studi tahun 2018 meneliti tentang efek dari olahraga lari dan menunjukkan efek signifikan pada pembakaran lemak setelah latihan dan pengeluaran energi total Jaringan otot.


Semoga Bermanfaat!


Related Posts

Related Posts

Posting Komentar