aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Cara Menghemat Energi Listrik dan Manfaat Menghemat Energi Listrik

Cara Menghemat Energi Listrik dan Manfaat Menghemat Energi Listrik

Bagaimana Cara Menghemat Energi Listrik?

Permintaan terhadap energi listrik terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Jika konsumsi listrik tidak terkendali akan bisa memunculkan permasalahan baru. 
Untuk itu perlu adanya upaya untuk menghemat energi listrik. Berikut adalah cara menghemat energi listrik dalam kehidupan sehari-hari.

Menggunakan Lampu Hemat Energi

Salah satu kebutuhan pokok dalam rumah adalah cahaya. Sumber cahaya paling mudah didapat saat ini adalah lampu (selain matahari). Oleh karena itu, kita bisa menggunakan lampu yang hemat energi, lampu LED misalnya.

Mengganti lampu bohlam dengan lampu LED merupakan salah satu cara untuk menghemat energi listrik.

Selain itu, menyalakan lampu seperlunya penting untuk dilakukan. Misalnya, menyalakan lampu hanya pada saat malam hari dan mematikannya di siang hari.

Mencabut Perangkat Elektronik Ketika Tidak Digunakan

Kebiasaan buruk yang yang satu ini adalah tindakan boros energi listrik. Terus membiarkan kabel dan stop kontak atau perangkat elektronik tertancap akan membuatnya terus dialiri listrik. Sehingga penggunaan energinya menjadi tidak ramah.

Mulai sekarang, berusahalah untuk mencabut apapun ketika sudah tidak digunakan sebagai salah satu cara penghematan energi.

Menjemur Pakaian dengan Matahari

Alat pengering pakaian membutuhkan daya listrik yang lumayan besar. Untuk itu, kamu bisa menggunakan matahari sebagai media dalam mengeringkan pakaian.

Selain hemat energi, menjemur dibawah matahari juga membuat pakaian tidak cepat melar.

Menggunakan Air Seperlunya

Penggunaan air yang tidak berlebihan akan membuat lebih hemat energi listrik karena tidak menyalakan pompa air secara terus menerus. Jika menggunakan air secara berlebihan tentunya akan membuat pompa air terus berjalan dan memakan daya listrik yang banyak.

Mematikan TV Jika Tidak Digunakan Secara Penuh

Saat tidak menonton TV jangan di matikan dengan tombol power karena akan membuat aliran listrik tetap berjalan, apalagi membiarkannya tetap hidup.

Untuk itu matikan TV dengan cara mencabutnya dari stop kontak adalah tindakan yang dianjurkan.

Manfaat Menghemat Energi Listrik

Setelah mengetahui tentang contoh menghemat energi listrik, selanjutnya adalah manfaat menghemat energi listrik dalam kehidupan sehari-hari.

1. Mengurangi Polusi

Pembakaran bahan fosil adalah salah satu sumber energi listrik. Semakin tinggi konsumsi listrik maka pembakaran bahan fosil juga akan meningkat. 

Selain itu, dengan mengurangi polusi juga akan menjaga bumi tetap sehat dan mengurangi pemanasan global.

2. Mengurangi Pengeluaran

Pengeluaran yang membengkak bisa jadi diakibatkan oleh penggunaan listrik yang tidak terkendali. Dengan menerapkan hidup hemat listrik dengan menggunakan seperlunya maka akan membuat tagihan bulanan bisa lebih sedikit.

3. Menjaga Peralatan Elektronik

Menggunakan peralatan elektronik secara berlebihan akan membuat umurnya menjadi lebih  pendek. 

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar