aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Sarana dan Prasarana dalam Olahraga Bola Tangan

Sarana dan Prasarana dalam Olahraga Bola Tangan

Didalam kegiatan olahraga tidak hanya mengandalkan kesiapan fisik saja, namun harus ditopang dengan prasarana dan sarana yang memungkinkan olahraga tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Dalam setiap cabang-cabang olahraga mempunyai prasarana dan sarana tersendiri secara khusus. Demikian juga dalam cabang olahraga bola tangan. 

Berikut ini sarana prasarana dalam olahraga bola tangan beserta dengan penjelasannya.


Lapangan

Lapangan dalam olahraga bola tangan berbentuk empat persegi panjang, dengan ketentuan ukuran yaitu:

  • Panjang lapangan : 40 meter
  • Lebar lapangan : 20 meter
  • Garis pembatas lapangan : 5 cm

Gawang

Sedangkan tiang gawang harus berbentuk persegi panjang berukuran 8x8 cm. Kemudian gawang memiliki ketentuan ukuran sebagai berikut :

  • Tinggi gawang: 2 meter
  • Lebar gawang : 3 meter 

Sekitar Gawang

Di sekitar daerah gawang dibuat garis panjangnya 3 meter, pada jarak 6 meter dan ujungnya dihubungkan dengan garis gawang, membentuk seperempat lingkaran dengan jari-jari 6 meter diukur dari tiang gawang. 

Garis Lemparan Bebas

Pada garis lemparan bebas dibuat dengan ukuran panjang 3 meter, ditentukan pada jarak 9 meter dari garis gawang, lalu ujungnya dihubungkan pada garis gawang membentuk seperempat lingkaran, dengan jari-jari 9 meter diukur dari tiang gawang

Garis Tembak Hukuman

Dalam olahraga bola tangan, garis tembakan hukuman atau pinalty berjarak 7 meter dari garis gawang dan dengan panjang 1 meter yang sejajar dengan garis gawang. 

Bola

Dalam olahraga bola tangan bola berbentuk bulat dengan warna tunggal (satu warna), dan bagian luarnya terbuat dari kulit ataupun dari karet dan bahan sintetis lainnya.

Bola memiliki ketentuan ukuran sebagai berikut : 

  • Putra : berat bola: 425 – 475 gram. Berdiameter : 58 – 60 cm.
  • Putri : berat bola: 325 – 400 gram. Berdiameter : 54 – 56 cm. 

Wasit

Pada pertandingan olahraga bola tangan dipimpin oleh 2 orang wasit, keduanya mempunyai wewenang sama dan dibantu oleh pencacat waktu.


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar