aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

5 Teknik Dasar dalam Olahraga Bola Tangan

Teknik Dasar dalam Olahraga Bola Tangan

Teknik yaitu suatu rangkaian cara yang dijadikan pedoman agar gerakan lebih mudah dipraktikkan dan mendapatkan hasil yang sempurna.

Berbagai cabang olahraga pasti memiliki teknik yang dimulai dari tahapan paling mendasar. Seperti halnya dalam olahraga Bola Tangan.

Berikut ini teknik-tenik dasar dalam olahraga Bola Tangan beserta penjelasannya.


Teknik Menggiring Bola (Dribbling)

Teknik dribbling dalam olahraga sepak bola menjadi salah satu hal yang terpenting untuk menentukan kemenangan. 

Seperti halnya dengan olahraga bola tangan, teknik dribling dibutuhkan latihan yang rutin untuk dapat melakukan teknik ini dengan baik. 

Teknik dribbling yang baik dalam olahraga ini membutuhkan tangan yang elastic atau tidak kaku agar lebih mudah dalam memantulkan bola.


Teknik Menembak (Shooting)

Teknik shooting juga salah satu teknik terpenting bagi tim. Dengan melakukan teknik shooting yang baik dan benar, dapat mencetak sebuah gol dan menghasilkan suatu kemenangan. 

Teknik shooting dapat dilakukan oleh pemain yang memiliki lemparan yang kuat dan ditempatkan di posisi depan. Ada macam-macam teknik shooting, antara lain :

  • Tembakan melompat (Jump shot), merupakan teknik yang dilakukan dengan cara melakukan dribbling terlebih dahulu lalu melakukan lompatan sebelum menembak ke gawang lawan.
  • Tembakan berdiri (Standing throw shot), merupakan teknik yang dilakukan dengan cara melakukan dribbling terlebih dahulu lalu menembak bola dengan keras.
  • The fall shot, merupakan teknik yang dilakukan dengan cara melakukan dribbling terlebih dahulu, lalu menjatuhkan badan ke depan sambil menembak bola dengan posisi akhir dengan badan terlentang.
  • Tembakan menyamping (Side shot), merupakan teknik yang dilakukan dengan cara melakukan dribbling terlebih dahulu, kemudian menembak bola dengan keras dengan posisi tubuh sedikit menyamping ke kanan jika menggunakan tangan kanan.
  • The dive shot, merupakan teknik yang dilakukan dengan cara membelakangi gawang terlebih dahulu lalu lakukan lompatan sambil menembak kea rah gawang dengan kuat.
  • Tembakan membalik (Reverse shot), merupakan teknik yang dilakukan dengan cara membelakangi arah tembakan lalu memegang bola dengan kedua tangan, posisi tangan kiri berada di bawah bola (untuk pemain tangan kanan), putar badan sambil menembak bola.
  • Tembakan melayang (Flying shot), merupakan teknik yang dilakukan dengan cara melakukan tembakan sambil melompat menggunakan kaki kiri.

Teknik Mengumpan (Passing)

Teknik passing atau mengumpan merupakan kunci pokok dalam tim, karena seorang pemain bisa mencetak gol berkat umpan-umpan dari satu tim. 

Berikut 2 teknik mengumpan dalam situasi dan kondisi:

  • Mengumpan satu tangan, cara yang digunakan untuk mengumpan rekan tim dengan jarak yang jauh.
  • Mengumpan dua tangan, cara yang digunakan untuk mengumpan rekan tim jika jarak yang dekat.

Menangkap Bola (Catch)

Teknik menangkap atau catch didalam olahraga bola tangan sangat dipelukan. Karena agar dapat menerima umpan-umpan dan tembakan dari lawan. 

Teknik ini susah-susah gampang, butuh latihan yang banyak agar dapat menguasai. Dalam teknik menangkap, pemain harus tau bagaimana cara menangkap bola yang datang dengan keras, bola tinggi, bola rendah, dan bola yang sedang menggelinding.

Teknik Menghadang Lawan

Teknik ini tak kalah pentinya dari semua teknik yaitu teknik menghadang lawan. Jika pemain mahir dalam mengadang lawan, dapat dipastikan pemain tersebut memiliki potensi sebagai pemain bertahan. 

Dalam hal menghadang lawan, yang dibutuhkan yaitu badan yang besar, fisik yang kuat, serta stamina ekstra.


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar