aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

13 Pengertian Peradaban Menurut Para Ahli

Pengertian Peradaban, Pengertian Peradaban Menurut Para Ahli

Peradaban akan terus dialami oleh manusia selama manusia melakukan suatu kegiatan untuk mencapai titik taraf kehidupan.

Istilah peradaban sudah tidak asing lagi di telinga kita karena memang istilah ini sering diucapkan baik di kegiatan formal maupun non formal.

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai pengertian peradaban menurut para ahli.

Mari kita mulai...

1. Huntington

Pengertian peradaban menurut Huntington adalah identitas terluas dari budaya, yang teridentifikasi bersama dalam unsur-unsur objektif seperti bahasa, agama, sejarah, institusi, kebiasaan maupun melalui identifikasi diri yang subyektif.

2. Arnold Toynbee

Menjelaskan bahwa peradaban merupakan kebudayaan yang sudah pada taraf perkembangan teknologi yang lebih tinggi.

3. Alfred Weber

Mengungkapkan bahwa peradaban adalah pengetahuan praktis dan intelektual dan juga sekumpulan cara yang bersifat teknis yang fungsinya untuk mengendalikan alam.

4. Albion Small

Berpendapat bahwa peradaban merupakan kemampuan manusia dalam mengendalikan dorongan dasar kemanusiaan, untuk bisa meningkatkan kualitas hidupnya.

5. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Pengertian peradaban menurut KBBI adalah kemajuan (kecerdasan, kebudayaan) lahir batin atau hal yang menyangkut sopan santun, budi bahasa, dan kebudayaan suatu bangsa.

6. Oswalg Spengl

Menurutnya, peradaban yaitu kebudayaan yang mengalami suatu perubahan dan menitikberatkan pada kesejahteraan fisik dan juga material.

7. Prof. Dr. Koentjaraningrat

Pengertian peradaban merupakan bagian yang halus dan indah seperti seni masyarakat yang sudah maju, ke dalam kebudayaan tertentu. 

8. S. Szarnowski

Mendefinisikan peradaban sebagai suatu taraf tertentu dari kebudayaan, yaitu taraf tertinggi yang mengendaikan tingkat perkembangan secara umum dari manusia sebelumnya yang lebih rendah selama prasejarah zaman terdahulu.

9. Bierens De Hann

Definisi peradadan adalah semua hal mengenai kehidupan sosial, ekonomi, politik dan teknik. Sehingga, peradaban tersebut mempunyai fungsi praktis dalam hubungan kemasyarakatan.

10. V. Gordon Childe

Mengartikan peradaban sebagai transformasi elemen-elemen budaya manusia, yang artinya transformasi dalam penguasaan tulis menulis, metalurgi, bangunan arsitektur monumental, perdagangan, pengukuran, dll.

11. Ibnu Khaldun

Pengertian peradaban menurut Ibnu Khaldun merupakan sebuah fase yang alami. Peradaban muncul sebagai tanda berakhirnya kehidupan, tetapi saat kehidupan mencapai taraf yang lebih tinggi dan berkembang pesat dalam industri, maka secara perlahan akan menuju kehancuran. Karena, peradaban sesungguhnya secara tersirat membawa benih kehancuran.

12. Rene Sedilot

Menyatakan bahwa peradaban merupakan khazanah pengetahuan dan kecakapan teknis yang terus meningkat dari satu generasi ke generasi selanjutnya dan berjalan secara terus menerus.

13. Anne Ahira

Peradaban adalah kebudayaan yang mengalami kemajuan tinggi

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar