aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Kerajaan Islam Indonesia: Kerajaan Banjar

Dahulu ada banyak sekali kerajaan-kerajaan di Nusantara, mulai dari yang skala kecil yang yang besar. Masing-masing memiliki ciri khas tersendiri.

Adanya letak fisiografis dan sosiografis Indonesia dapat memudahkan Islam menyebar melalui bandar-bandar perdagangan mulai dari pesisir Sumatra, Jawa, Sulawesi, hingga Maluku.

Karena itulah, mulailah bermunculan kerajaan-kerajaan Islam di berbagai wilayah di Indonesia. Kerajaan Islam di Indonesia salah satunya yaitu Kerajaan Banjar. 

Kerajaan Banjar, Kerajaan Islam Indonesia

Kerajaan Banjar

Perkembangan Kerajaan Banjar dapat diketahui melalui Hakikat Banjar. Pengaruh Islam di Banjar berawal ketika Kerajaan Banjar mengalami perpecahan antara Pangeran Tumenggung dan Raden Samudera.

Dalam menghadapi Pangeran Tumenggung, Raden Samudera memimta bantuan Kerajaan Demak di Jawa.

Berkat bantuan kerajaan Demak, pemberontakan berhasil dipadamkan. Sejak saat itu Pangeran Samudera masuk Islam dan memimpin Kerajaan Banjar dengan gelar Sultan Suryanullah.

Sultan Mustain Billah dianggap raja terbesar Banjar karena memiliki kekuatan militer cukup besar.

Dengan kekuatan militer tersebut, Kesultanan Banjar dapat membendung pengaruh politik dari Tuban, Arosbaya, dan Mataram.

Pada masa pemerintahan Sultan Mustain Billah Kerajaan Banjar berusaha meluaskan wilayah kekuasaan.

Wilayah yang berhasil dikuasai Kerajaan Banjar meliputi Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Utara.


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar