aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Sarana dan Prasarana dalam Olahraga Tenis Lapangan

Sarana dan Prasarana dalam Olahraga Tenis Lapangan

Semua sarana prasarana olah raga yaitu meliputi lapangan dan bangunan olahraga beserta perkengkapannya untuk melaksanakan program kegiatan olahraga.

Dalam kegiatan berolahraga tidak cukup hanya mengandalkan kesiapan fisik saja, namun harus disertakan dengan prasarana dan sarana yang memungkinkan olahraga tersebut dapat dilaksanakan dengan baik.

Pada setiap cabang olahraga memang secara khusus mempunyai prasarana dan sarana tersendiri. Demikian juga dalam cabang olahraga tenis lapangan. 

Berikut ini sarana prasarana dalam olahraga tenis lapangan berseta dengan penjelasannya.


Lapangan

Lapangan merupakan unsur terpenting dalam kegiatan olahraga tenis lapangan. Jika lapangan tidak tersedia, maka olahraga ini tidak dapat dimainkan. Lapangan tenis dapat dibedakan menjadi 3 jenis yaitu:

  • Lapangan grass court (permukaan rumput)
  • Lapangan Hard court (permukaan keras)
  • Lapangan Gravel (permukaan tanah liat)

Jenis-jenis lapangan tersebut memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, sehingga terkadang atlet hanya dapat bermain apik di lapangan tertentu.

Lapangan tenis berbentuk persegi panjang dengan ukuran yang telah ditetapkan berikut ini:

  • Panjang lapangan single: 23,77 m
  • Panjang lapangan ganda: 8,23 m
  • Lebar lapangan single: 8,23 m
  • Lebar lapangan ganda: 10,97 m


Net

Net merupakan unsur yang tak kalah penting dalam kegiatan olahraga tenis lapangan. Net diletakkan ditengah lapangan yang nantinya akan membagi antara pemain satu dengan yang lain.

Pembuatan net sendiri harus dibuat dari bahan yang kuat agar tidak mudah rusak saat terkena pukulan bola pemain. Tenis lapangan professional, biasanya memiliki kecepatan servis mencapai 120 km/jam lebih.

Pada bagian atas net terdapat pita berwarna putih yang didalamnya terdapat kabel logam yang berfungsi untuk menjaga tinggi dari net tersebut.

  • Tinggi net: 910 mm
  • Tinggi net bagian ujung: 1,070 mm
  • Tinggi tiang net: 1,070 mm
  • Lebar pita: 51 mm


Raket 

Dalam olahraga tenis lapangan, raket yang digunakan berbeda dengan raket olahraga badminton. Raket yang digunakan dalam tenis lapangan lebih berat dikarenakan bola yang dipukul juga lebih berat dibandingkan dengan badminton.

Dalam sejarahnya, raket yang digunakan dulu terbuat dari kayu dengan senar dari usus binatang. Kemudian, setelah seiring berkembangnya zaman dan teknologi, raket tenis lapangan mengalami perubahan dalam bentuk kecanggihannya.

Raket tenis lapangan memiliki ukuran yang telah ditetapkan berikut ini: 

  • Panjang raket: 68,58 cm
  • Berat Raket: 354-396 gram
  • Besar pegangannya: 10,48-11,75 cm

Selain ukuran, ditetapkan juga untuk aturan dalam penggunaan raket, yaitu bingkai (daun raket) tidak boleh melebih 29 inci panjangnya dan lebarnya 12,5 inci. 

Raket juga tidak boleh difasilitasi alat komunikasi yang dilakukan atlet dengan pelatih melalui alat yang ditanam di dalam raket selama pertandingan.


Bola

Bola yang digunakan dalam olahraga tenis lapangan hampir sama dengan bola yang digunakan dalam permainan bola kasti. 

Warna bola yang digunakan dalam tenis lapangan dibuat cerah yaitu kuning agar lebih memudahkan pemain untuk melihat datangnya bola. 

Federasi Tenis Internasional (ITF) telah menentukan ukuran bola yang digunakan dalam olahraga tenis lapangan, yaitu:

  • Diamater bola: 65,41-68-58 mm
  • Berat Bola: 56,0-59,4 gram


Pakaian Pemain

Hampir sama dengan olahraga lainnya, pemain tenis lapangan menggunakan celana pendek untuk laki-laki dan rok bagi perempuan, namun ada juga atlet perempuan yang menggunakan celana.

Celana yang digunakan biasanya dilengkapi dengan kantong yang besar berfungsi untuk menyimpan bola tenis. Pakaiannya juga diproduksi khusus untuk menyerap keringat agar atlet nyaman ketika bertanding.


Sepatu & Kaos kaki

Yang tak kalah penting selanjutnya yaitu sepatu, yang digunakan untuk melindungi kaki pemain dan memudahkannya mengejar bola. Sepatu tenis lapangan dibuat dari bahan yang tidak licin difungsikan agar atlet tidak jatuh saat mengejar bola.

Selain sepatu, kaos kaki juga penting untuk mengurangi gesekan kaki dan sepatu agar kaki tidak lecet.


Papan Skor

Dalam pertandingan resmi, papan skor yang digunakan adalah papan digital, hal tersebut berguna untuk memudahkan penonton mengetahui skor pemain yang bertanding.


Semoga Bermanfaat!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar