aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

13 Pengertian Masyarakat Madani Menurut Para Ahli


Konsep masyarakat madani dalam bahasa Arab dikenal dengan sebutan al-mujtama' al-madani. Sedangkan dalam bahasa Inggris disebut dengan istilah civil society.

Pada artikel kali ini kita akan menyajikan materi mengenai pengertian masyarakat madani menurut para ahli.

Mari kita mulai...

1. Cicero

Pengertian masyarakat madani menurut Cicero adakah komunitas politik yang beradab. Misalnya masyarakat kota yang mempunyai kode hukum sendiri.

2. Syamsudin Haris

Menjelaskan bahwa masyarakat madani merupakan lingkungan sosial yang terdapat di luar pengaruh negara dan tersusun dari lingkungan paling dekat, misalnya, keluarga, gerakan masyarakat dan juga asosiasi.

3. Mun'im

Definisi masyarakat madani adalah gagasan etis yang menjelma dalam berbagai macam tatanan sosial dan untuk menyelaraskan berbagai konflik.

4. Dawam Rahardjo

Mengungkapkan bahwa masyarakat madani merupakan proses menciptakan peradaban yang didasarkan pada nilai-nilai kebijakan publik.

5. Cohen & Arato

Pengertian masyarakat madani adalah wilayah interaksi sosial yang meliputi politik, ekonomi dan juga negara serta mencakup kelompok sosial yang menggalang solidaritas kemanusiaan dan juga berupaya untuk kebaikan bersama.

6. Anwar Ibrahim

Menurutnya masyarakat madani adalah sistem sosial yang didasarkan pada prinsip moral untuk menjamin keseimbangan antara stabilitas masyarakat dan kebebasan individu.

7. Kim Sunhyuk

Pengertian masyarakat madani menurut Kim Sunhyuk adalah satuan yang terdiri dari kelompok yang secara mandiri menghimpun dirinya dan gerakan masyarakat secara relatif.

8. Thomas Paine

Mengemukakan bahwa masyarakat madani adalah ruang bagi warga negara untuk mengambangkan kepribadian dan memberi kesempatan bagai pemuasan kepentingan secara bebas tanpa paksaan.

9. Hefner

Mengartikan masyarakat madani sebagai masyarakat moden yang bercirikan demokratisasi dalam berhubungan di masyarakat yang plural dan juga heterogen.

10. Zbiniew Rew

Mendefinisikan masyarakat madani sebagai hal yang berkembang dari sejarah yang mengandalkan ruang dimana seseorang dan kelompok tempat mereka bergabung dan bersaing satu sama lain untuk mencapai nilai yang diyakini.

11. M. Hikam

Berpendapat bahwa masyarakat madani adalah wilayah kehidupan sosial yang terorganisir dan terdapat ciri kesukarelaan dan juga kswasembadaan serta kemandirian terhadap negara. Selain itu juga terdapat norma dan nilai hukum yang menjadi pedoman dan diikuti oleh warganya.

12. Mahasin

Masyarakat madani adalah masyarakat yang mempunyai peradaban maju.

13. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Pengertian masyarakat madani menurut KBBI adalah masyarakat yang menjunjung tinggi nilai, norma, hukum yang ditopang oleh penguasaan iman, ilmu, dan teknologi yang berperadaban;

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar