aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Istilah-istilah dalam Olahraga Berkuda

Istilah-istilah dalam Olahraga Berkuda

Olahraga berkuda merupakan olahraga yang mengacu kepada keterampilan menunggangi, mengendarai, melompat atau berlari menggunakan kuda.

Didalam cabang olahraga berkuda terdapat beberapa istilah-istilah yang harus diketahui oleh setiap peserta ataupun penonton. Berikut ini istilah-istilah beserta penjelasan di dalam olahraga berkuda.

1. Drawing: merupakan penentuan race untuk suatu event pacuan. Penentuan dilakukan dua atau tiga hari menjelang pacuan hari pertama. Tujuannya untuk menentukan masing-masing kelas dan race kuda. Sebelumnya, kuda masing-masing diukur ketinggiannya oleh Dewan Juri Pacuan (aturan PORDASI).

2. Race/Run: merupakan istilah untuk menyebut pertandingan pacuan kuda. Dalam sehari pacuan terdapat 10 s/d 13 race, race ditentukan pada saat drawing.

3. Scratch: merupakan istilah untuk kuda yang tidak jadi ikut lomba, baik itu sukarela atau terpaksa karena tidak bisa masuk startgate dalam batas waktu yang telah ditentukan.

4. Startgate: merupakan peralatan untuk melakukan start pada pacuan kuda. Berbentuk rangkaian besi untuk memasukkan kuda dan jockey sebelum aba-aba start dilakukan. Startgate berbentuk rangkaian kotak longgar, sehingga kuda dapat berhenti dan menunggu sebelum aba-aba start. 

5. Start Master: merupakan istilah untuk petugas dalam lomba pacuan sebagai pelepas kuda.

6. Gate Master: merupakan istilah untuk petugas yang melakukan pekerjaan dilingkungan startgate, bertugas memasukkan kuda-kuda kedalam kotak-kotak start, menutup pintu start, memindahkan startgate.

7. Dewan Stewards/Dewan Juri: merupakan suatu petugas yang bertanggung jawab dan mengontrol atas jalannya lomba pacuan. Seperti menentukan apakah pacuan bisa diteruskan atau diberhentikan, kuda boleh dilarikan atau tidak, menentukan pemenang, menentukan apakah jockey melakukan pelanggaran, dan memberi peringatan.

8. Photo Finish: merupakan peralatan photography yang dipasang digaris finish untuk merekam kuda yang masuk garis finish. Fungsi pentingnya sebagai penentu siapakah kuda yang memasuki finish lebih awal.

9. Band: merupakan garis pembatas track pacu dibuat dari kayu, fiber, beton atau besi atau tali temali yang terangkai mengelilingi track pacu. Band ada 2, band dalam dan luar. Band dalam yaitu garis pembatas track pacu sebelah dalam dan band luar yaitu garis pembatas sebelah luar track. Band dalam setinggi 40-60 cm dan band luar 80-100 cm.

10. Track: merupakan jalur melingkar berbentuk oval, lebarnya antara 10 sampai 15 meter sebagai jalur pacu kuda. Track/landasan berbagai jenis seperti tanah hitam, tanah rumput atau pasir. 

11. Stall Paddock/Paddock Pameran: merupakan area dilapangan pacuan kuda untuk kuda-kuda menunggu pacuan dimulai. Kuda-kuda akan berjalan beriringan,sesuai dengan nomor punggung masing-masing, mengelilingi paddock. Letak paddock pameran didepan tribune kehormatan dan sekaligus didepan garis finish.

12. Control Tower: merupakan menara untuk Dewan Stewards sebagai tempat melakukan kontrol/monitoring jalannya perlombaan.

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar