aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Isi Kandungan Ayat Kursi dalam Al-Qur'an


Ayat kursi terdapat dalam juz 3 dan merupakan ayat yang k-255 dalam surat Al-Baqarah.

Ayat kursi merupakan salah satu ayat yang agung dalam Al-Quran, hal ini sebagaimana diriwayatkan oleh hadist riwayat muslim.

Ayat yang paling agung dalam Al-Qur'an adalah ayat kursi (H.R. Muslim)

Berikut adalah bacaan ayat kursi lengkap:

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

Arti ayat kursi: Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

Kandungan Ayat Kursi

1. Ayat kursi menjelaskan tentang tauhid uluhiyyah, tauhid rububiyah dan juga tauhid asma'wa shifat
2. Ayat kursi juga menjelaskan kepemilikan Allah baik yang ada di langit dan dibumi
3. Ayat ini juga menjelaskan bahwa luasnya ilmu Allah tanpa batas yang tidak bisa dijangkau oleh manusia

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar