aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Sarana dan Prasarana Dalam Olahraga Sepak Takraw

Sarana dan Prasarana Dalam Olahraga Sepak Takraw

Sarana dan prasarana dalam suatu kegiatan sangatlah penting, seperti halnya dalam kegiatan olahraga.

Sarana dan prasarana olahraga merupakan sumber daya pendukung yang terdiri dari segala bentuk jenis bangunan ataupun bukan bangunan yang digunakan untuk perlengkapan olahraga.

Berikut ini sarana dan prasarana yang diperlukan dari salah satu cabang olahraga sepak takraw.


Lapangan

Lapangan merupakan prasarana yang perlu ada jika ingin bermain sepak takraw secara lebih leluasa. Lapangan sepak takraw sebetulnya mirip bersama dengan bulutangkis, hal ini karena jaman dahulu sepak takraw dibawa oleh para saudagar bugis makassar ke Malaysia, olahraga yang terkenal disana kala itu adalah bulutangkis. 

Bentuknya tentu kalian telah tahu, yaitu persegi panjang bersama dengan spesifikasi sebagai berikut:

  • Panjang lapangan: 14,42 meter
  • Lebar lapangan: 6,10 meter
  • Tebal garis tengah: 3,8 cm
  • Batas tinggi atap (bebas rintangan): 7,32 meter


Bola

Bola di dalam permainan sepak takraw sebetulnya lumayan unik, jika dalam olahraga lainnya bola umumnya terbuat dari karet, maka di dalam sepak takraw ini bola terbuat dari rotan yang dianyam sedemikian rupa sehingga dapat berupa lingkaran. 

Bola sepak takraw punya berat antara 160-180 gram bersama dengan kuantitas lubang berjumlah 12, sedang lingkarannya 41-43 cm. 


Tiang

Tiang terdapat di anggota tengah-tengah yang membatasi antara dua daerah permainan tim. Tiang ini umumnya terbuat dari besi dan berguna untuk mengikat net. 

Adapun tinggi tiangnya adalah 1,55 meter dari lantai/alas. Sedangkan jarak antara posisi tiang bersama dengan garis luar permainan adalah 31 cm.


Net atau Jaring

Sebagaimana di dalam olahraga voli, lapangan sepak takraw terhitung perlu ditambah bersama dengan net yang halangi antara dua daerah permainan tim. 

Net ini umumnya terbuat dari nilon. Net ini punya panjang lebih kurang 6,7 meter dan lebar lebih kurang 0,72  cm. 

Tinggi net antara putra dan putri itu sama, tidak ada perbedaan antar keduanya yaitu 1,55 meter. Namun penting untuk diperhatikan bahwa sepak takraw punya net khusus, jangan memakai net voli untuk bermain karena justru bakal sebabkan bola dapat melewati net dibagian sedang karena lubang net yang benar-benar besar.


Seragam Pemain

Sebagaimana yang kalian tahu kala pertandingan olahraga, tiap-tiap tim punya seragamnya tersendiri yang pastinya tidak serupa bersama dengan seragam tim lain. 

Seragam di dalam sepak takraw terhitung ditambah bersama dengan nomor punggung yang tidak serupa tiap-tiap pemainnya. 

Untuk lebih bagusnya gunakanlah seragam yang terbuat dari bahan yang enteng menyerap keringat sehingga dapat memudahkan teman-teman kala bermain.


Sepatu Khusus

Sepatu yang digunakan di dalam sepak takraw biasa disebut nannyang. Sepatu ini terbuat dari karet anggota bawahnya sehingga pemain tidak enteng terjatuh kala laksanakan gerakan-gerakan di dalam permainan. Gunakanlah sepatu yang nyaman dipakai di kaki kamu sehingga penampilan kamu dapat maksimal.


Kaos Kaki

Kaos kaki dirasa penting untuk dimasukkan di dalam tulisan ini karena fungsinya untuk menghindar gesekan dengan sepatu. 

Tak hanya itu kaos kaki terhitung dapat tingkatkan kepercayaan diri bagi sebagain orang.


Papan Skor

Papan skor di dalam pertandingan resmi terhitung perlu ada untuk memudahkan pencatatan skor, papan skor yang digunakan adalah papan skor digital.


Wasit

Wasit merupakan pemegang penuh ketetapan di dalam pertandingan, wasit yang bakal menentukan apakah bola masuk secara sah atau tidak. 


Semoga Bermanfaat!


Related Posts

Related Posts

Posting Komentar