aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

5 Negara yang Menerapkan Sistem Ekonomi Campuran

Negara yang Menerapkan Sistem Ekonomi Campuran

Kebijakan sistem ekonomi pasar campuran merupakan sebuah sistem ekonomi yang mengkombinasikan dua jenis sistem ekonomi atau lebih. 

Sistem ekonomi campuran adalah sistem kolaborasi dari beberapa jenis sistem ekonomi yang telah diakui dunia. Untuk negara yang menerapkan sistem ini, nantinya akan mengambil sisi baik dari sebuah sistem ekonomi.

Lalu, negara mana saja yang menerapkan sistem ekonomi campuran?

Berikut ini contoh negara-negara yang menjalankan sistem campuran dalam perekonomiannya.

Indonesia

Dalam sistem ekonomi di Indonesia, semua kebijakan ekonomi tergantung pada pemerintah.

Sistem ekonomi yang digunakan cenderung akan terus berubah, namun terdapat pedoman ideologi yang digunakan yaitu Pancasila. Pancasila tetap menjadi prinsip dasar penerapan sistem ekonomi.

Sistem ekonomi cenderung dapat menggunakan sistem ekonomi kapitalis ataupub sosialis. Untuk kebijakan yang dipilih oleh pemerintah cenderung kapitalis. Jika berdasakan kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan rakyatnya akan cenderung sistem sosialis.

Australia

Australia merupakan negara dengan tingkat pendapatan yang cukup tinggi dengan angka kemiskinan rendah. Autralia juga menerapkan sistem ekonomi yang terus mengalami perkembangan tergantung pemerintahnya.

Autralia pernah menerapkan sistem ekonomi pasar bebas, tetapi ada campuran sedikit dari pemerintah. Saat ini kebijakan sistem ekonomi memiliki campuran dari beberapa jenis sistem ekonomi.

Prancis

Prancis merupakan negara yang menjalankan sistem perekonomian tidak hanya memberikan kebebasan kepada rakyatnya, tatapi juga memberikan fasilitas untuk masyarakatnya.

Contoh fasilitasnya seperti penerapan sistem ekonomi komando yang diatur oleh pemerintah. Hal yang utama adalah jaminan sosial yang disalurkan untuk rakyatnya.

Mesir

Salah satu negara yang menerapkan sistem campuran berikutnya adalah negara Mesir. Penerapan sistem ekonomi campuran dapat membuat negara Mesir menjadi negara yang maju.

Dapat dilihat dari usaha bidang ekonomi di negara ini yang sangat beragam. Namun, yang paling menonjol adalah ekspor hasil minyak bumi yang membuat negara ini maju.

Malaysia

Malaysia merupakan negara dengan sistem pemerintahan kerajaan dengan sistem ekonomi campuran. Namun negara ini lebih cenderung sistem ekonomi pasar.

Jadi, setiap individu memiliki kebebasan untuk melakukan apa yang disukai. Hal tersebut tentunya akan membuat masyarakatnya semakin kreatif.

Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar