aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Sarana dan Prasarana dalam Olahraga Rounders

Sarana dan Prasarana dalam Olahraga Rounders

Sarana dan prasarana olahraga merupakan penunjang atau penopang didalam kegiatan olahraga, tanpa ada sarana dan prasarana olahraga kegiatan olahraga tidak dapat berlangsung secara semestinya.

Dalam berolahraga tidak cuma hanya mengandalkan kesiapan fisik saja, tetapi mesti harus didukung dengan prasarana dan sarana yang amat mungkin olahraga selanjutnya dapat dilakukan bersama dengan baik.

Pada tiap-tiap cabang olahraga memang mempunyai prasarana dan layanan tersendiri. Demikian termasuk didalam cabang olahraga rounders.  

Setelah kemarin sempat membahas istilah dalam olahraga atau permainan rounders, kali ini kita akan membahas tentang sarana dan prasarana dalam olahraga rounders.


Lapangan

Lapangan merupakan perlengkapan yang terpenting dalam olahraga atau permainan ronders. Tentunya permainan ini tidak dimainkan di sembarang lapangan. 

Lapangan rounders pada umumnya berbentuk segi lima dengan panjang sisi lapangan 15 m.


Base

Kemudian ada komponen penting berikutnya yaitu base atau tiang hinggap. Base yang digunakan dalam permainan rounders adalah base yang terdiri atas lima base yang berukuran 40 cm x 40 cm. Kemudian, tempat untuk pelambung atau pitcher plate berukuran 40 cm x 80 cm.


Tongkat Pemukul atau Bat

Seperti yang telah diketahui, bahwa permainan ini mirip dengan permainan kasti ataupun baseball. Dengan begitu, untuk memukul bola harus diperlukan pemukul yang tepat. 

Pemukul yang tepat yaitu pemukul yang terbuat dari kayu yang berukuran panjang maksimal 1 meter, dan garis tengah kayu pemukul 7 cm.


Pemain

Setelah sarana dan prasarana sudah terpenuhi, Kemudian, tidak kalah penting untuk menentukan jumlah orang yang akan bermain di dalam permainan rounders semakin menarik. Berikut ketentuan jumlah yang telah disepakati :

  • Pada setiap regu terdiri dari 12 orang pemain dengan pemain berjumlah minimal 8 orang.
  • Pada setiap pemain diberi nomor dada mulai nomer 1 sampai dengan 12.
  • Salah satu dari tim bertindak sebagai kapten regu.


Wasit

Sebagai sebuah permainan yang akan diperlombakan dan ditonton oleh khalayak, tak ketinggalan dan sudah menjadi aturan yang baku untuk mencantumkan wasit sebagai pengadil dilapangan. 

Berikut ketentuan wasit yang telah disepakati :

  • Ada 1 orang yang bertugas sebagai wasit yang memimpin jalannya pertandingan.
  • Wasit utama dibantu oleh 3 orang wasit penjaga garis.
  • Untuk pencatat nilai tebanyak dibutuhkan 1 orang.

Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar