aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

8 Pengertian Korespondensi Menurut Para Ahli


Kita semua sudah tidak asing dengan yang komunikasi dengan orang lain. Karena manusia adalah makhluk sosial, komunikasi merupakan hal yang harus dilakukan untuk menunjang proses kehidupan.

Jika tidak berkomunikasi, penyampaian maksud dan tujuan kita tidak akan ditangkap oleh orang lain. Sehingga kita tidak bisa melakukan apa-apa.

Sama halnya dengan lingkup perusahaan atau organisasi. Mereka juga butuh komunikasi untuk berhubungan dengan pihak lain guna memenuhi kebutuhannya.

Jadi, baik individu maupun perusahaan pasti butuh komunikasi ya.

Baca Juga: 13 Pengertian Ontologi Menurut Para Ahli

Kegiatan komunikasi tersebut tidak harus dilakukan langsung melalui lisan maupun ucapan. Tetapi bisa melalui media perantara berupa media, yaitu surat.

Pernahkan kalian mendengar kata korespondensi?
Kalau pernah tapi belum paham secara detail, kamu berada ditempat yang tepat.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai pengertian korespondensi menurut para ahli

Mari kita mulai…

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Pengerian korespondensi menurut KBBI adalah perihal surat menyurat atau berkirim-kirim surat.

2. Purwanto

Menyatakan bahwa korespondensi adalah suatu penyampaian yang berupa maksud melalui surat dari satu perusahaan atau organasi kepada perusahaan atau organisasi lain dapat atas nama jabatan atau perorangan.

3. Finoza

Korespondensi merupakan kegiatan berkirim surat oleh organisasi maupun perorangan.

4. Priansa dan Garnida

Pengertian korespondensi menurut Priansa dan Garnida adalah komunikasi antara pegawai dengan orang lain. Seperti pegawai dengan instansi atau sebaliknya, pegawai dengan organisasi atau sebaliknya, instansi dengan instansi dan organisasi dengan organisasi dan sebagainya dengan menggunakan media surat.

5. The Liang Gie

Korespondensi berasal dari Bahasa Inggris, correspondence yang mempunyai arti hubungan antara pihak satu dengan pihak lain yang saling berkirim surat. Biasanya dalam kegiatan resmi.

6. Nuraeni

Nuraeni berpendapat bahwa korespondensi berkaitan dengan pekerjaan sekretaris yang terdiri dari:
a. Menerima dan memilih surat masuk
b. Menindaklanjuti surat masuk dengan menyampaikanke pimipinan
c. Membuat dan Menyusun surat keluar

7. Sutrisno dan Renaldi

Mengatakan bahwa korespondensi adalah teknik membuat surat dan komunikasi menggunakan surat

8. Djuharie

Korespondensi diartikan sebagai komunikasi melalui surat karena memudahkan manusia. Kemudahan yang didapat antara lain yaitu, biaya murah, tidak terikat waktu dan tempat, jangkauan luas, dapat diarsipkan, surat sampai ke tujuan sesuai dengan sumbernya dan surat dapat dibaca berulang kali.

Baca Juga: 11 Pengertian Prinsip Menurut Para Ahli

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts