aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Organisasi Pergerakan Nasional: Nahdlatul Ulama (NU)

Masa-masa pergerakan nasional Indonesia merupakan masa munculnya kesadaran kebangsaan yang ditandai dengan muncul banyaknya organisasi-organisasi pergerakan di tanah air.

Organisasi-organisasi yang muncul pada masa pergerakan nasional salah satunya yaitu Nahdlatul Ulama. Berikut ini penjelasan mengenai Nahdlatul Ulama.


Pembentukan dan Tujuan 

Nahdlatul Ulama didirikan pada tanggal 31 Januari 1926 oleh K.H. Wahab Chasbullah dan K.H. Hasyim Asyhar di Surabaya.

Nahdlatul Ulama dibentuk dengan tujuan membela kepentingan kaum muslim dan para kiai tradisional, mendukung kemajuan sekolah-sekolah Islam tradisional, serta memelihara dan menyantuni fakir miskin.

Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah memiliki persamaan persepsi mengenai perlunya pendidikan yang menekankan ilmu agama.

Gagasan dan pergerakan pendidikan Nahdlatul Ulama ditandai dengan keberadaan pesantren.


Perlawanan

Nahdlatul Ulama terus berusaha membangun semangat nasionalisme melalui kegiatan-kegiatan keagamaan dan pendidikan. 

Nahdlatul Ulama yang pada awalnya berdiri bergerak dalam bidang sosial dan agama, kemudian juga bergerak dalam bidang politik. Dikarenakan, tidak mungkin Nahdlatul Ulama melepaskan diri dalam persoalan dan kondisi bangsa yang mengalami tekanan dari bangsa penjajah. 

Pada awal pergerakan, Nahdlatul Ulama sudah mengambil sikap bersebarangan dan menerapkan politik non coorporation (tidak mau kerjasama) dengan Belanda, sampai pihak Nahdlatul Ulama menolak mendudukkan wakilnya dalam Volksraad

Hal ini menjadi komitmen Nahdlatul Ulama untuk mengecam aksi imperalisme dan menunjukkan sikap nasionalisme yang tinggi. 

Pada bidang pendidikan saat itu, pemerintah Belanda mendirikan sekolah hanya untuk para priyayi dan setelah lulus akan diperbudak sebagai pegawai rendahan di kantor pemerintah Belanda.

Kemudian, disusul dengan mengeluarkan kebijakan Guru Ordonantie atau Ordonansi Guru, hal tersebut sangatlah merugikan umat Islam. 

Melihat keadaan tersebut, Nahdlatul Ulama melawan dengan mendirikan pesantren dan madrasah.


Akhir

Dari awal berdirinya hingga saat ini, Nahdlatul Ulama tetap berperan besar mencerdaskan kehidupan bangsa, menggerakkan semangat nasionalisme dan semangat toleransi. 

Nahdlatul Ulama juga telah berhasil memberikan sumbangsih terhadap kehidupan beragama yang ramah di tengah kemajemukan bangsa.


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar