aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

9 Pengertian Utang Menurut Para Ahli

Pengertian Utang, Pengertian Utang Menurut Para Ahli

Kata utang pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Aktivitas tersebut sudah sering dilakukan oleh kita semua, mungkin sejak kecil.

Entah itu meminjami teman sekolah untuk membeli buku atau jajan ke kantin.

Seiring berjalannya waktu, utang atau pinjaman semakin mudah dilakukan karena sekarang ini ada banyak sekali pinjaman online yang menawarkan berbagai kemudahan.

Tetapi, jangan langsung tergiur ketika ada yang menawari pinjaman, karena bisa jadi itu adalah pinjaman online ilegal.

Lalu, apasih arti utang?

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai pengertian utang menurut para ahli.

Mari kita mulai...

1. Kieso et. al (2008:172)

Menjelaskan bahwa utang merupakan kemungkinan pengorbanan masa depan atas suatu manfaat ekonomi yang muncul dari kewajiban pada saat ini entitas tertentu untuk memindahkan aktiva atau menyediakan jasa kepada entitas lainnya di masa depan sebagai hasil dari transaksi atau kejadian di masa lampau.

2. Munawir (2004:18)

Utang adalah seluruh kewajiban keuangan suatu perusahaan kepada pihak lain yang belum terpenuhi, dimana utang ini adalah sumber dana atau modal suatu perusahaan yang berasal dari kreditor.

3. Hongren, et al. (2006:505)

Mengungkapkan bahwa utang adalah kewajiban untuk memindahkan harta atau memberikan suatu jasa di masa mendatang.

4. Samryn L. M (2012:37)

Mendefinisikan utang sebagai sesuatu yang harus dilunasi kepada pihak ke-3. Untuk utang-utang yang jatuh tempo dalam waktu kurang dari satu tahun dikelompokkan sebagai kewajiban jangka pendek. Sementara itu, utang yang jatuh tempo dalam kurun waktu lebih dari satu tahun dimasukkan dalam utang jangka panjang.

5. Hantono (2018:16)

Menyatakan bahwa utang merupakan seluruh kewajiban perusahaan yang harus dilunasi sebagai akibat dari pembelian barang yang dilakukan secara kredit atau penerimaan pinjaman.

6. Ferra Pujiyanti (2015:156)

Mengartikan utang sebagai kewajiban perusahaan masa kini yang muncul karena peristiwa masa lalu, penyelesainnya diharapkan berakibat pada arus keluar dari sumber daya yang mengandung manfaat ekonomi.

7. Soemarso (2008:76)

Pengertian utang adalah pengorbanan ekonomi yang wajib dilakukan perusahaan dimana mendatang karena transaksi atau tindakan yang dilakukan sebelumnya.

8. Sutrisno (2009:9)

Definisi utang merupakan modal dari pinjaman baik dari bank, lembaga keuangan ataupun dengan mengeluarkan surat utang, dan atas penggunaan ini perusahaan memberikan kompensasi berupa bunga yang menjadi beban bagi perusahaan.

9. Fahmi (2013)

Menurutnya, utang adalah kewajiban perusahaan dengan sumber dana dari luar baik dari obligasi, pinjaman bank, leasing dan lain-lain


Semoga bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar