aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

16 Pengertian Pemecahan Masalah Menurut Para Ahli

Pengertian Pemecahan Masalah, Pemecahan Masalah

Salah satu hal yang selalu datang pada manusia adalah masalah. Permasalahan selalu datang mungkin dari hal yang tidak kita duga sebelumnya.

Ada yang menyerah dengan masalah, ada yang malah menjadikan masalah sebagai jalan menuju berkah.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, masalah adalah sesuatu yang harus diselesaikan.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai pemecahan masalah.

Oiya, sebelum membaca lebih lanjut, pembahasan disini bukan mengenai cara memecahkan masalah ya, tetapi pengertian pemecahan masalah menurut para ahli.

Mari kita mulai...

1. Saad & Ghani (2008:120)

Pengertian pemecahan masalah adalah proses terencana yang dilakukan untuk menghasilkan penyelesaian tertentu dari permasalahan yang mungkin tidak bisa didapat dengan segera.

2. Evans (1994)

Definisi pemecahan masalah merupakan kegiatan yang dihubungkan dengan penyeleksian suatu cara yang cocok untuk tindakan dan merubah suasana saat ini menjadi suasana yang diharapkan.

3. Marzano, dkk. (1998)

Arti pemecahan masalah merupakan salah satu bagian dari proses berpikir yang berwujud kemampuan untuk memecahkan suatu persoalan.

4. Wickelgren

Menurutnya, pemecahan masalah adalah upaya untuk mencapai tujuan khusus.

5. Polya (2000)

Mendefinisikan pemecahan masalah sebagai kegiatan mencari jalan keluar dari kesulitan, cara keluar dari rintangan dan mencapai tujuan yang tidak seketika biasa dimengerti.

6. Purwanto (1997:17)

Mengartikan pemecahan masalah sebagai sebuah proses menghadapi situasi baru dengan memakai strategi tertentu. Bertujuan agar keadaan dapat dilalui dengan keinginan yang telah ditetapkan.

7. Gulo (2002:111)

Pemecahan masalah merupakan cara yang digunakan untuk menyelesaikan masalah dengan memberikan penekanan terhadap terselesainya masalah secara menalar.

8. Robert W. Balley (1989:116)

Pemecahan masalah diartikan sebagai aktivitas yang kompleks dan tingkat tinggi dari proses mental manusia. Merupakan kombinasi dari ide yang cemerlang untuk membuat kombinasi ide baru, dalam hal ini, mementingkan penalaran sebagai dasar untuk menggabungkan ide dan mengarahkan kepada penyelesaian masalah.

9. Torrence (1973)

Makna pemecahan masalah merupakan proses individu itu menjadi peka terhadap masalah dan melibatkan individu itu mencoba mencari penyelesaian dengan membuat pengandaian, mengubah hidup dan pada akhirnya melaporkan silanya.

10. Van Dijk dan Kintsch (1983)

Pemecahan masalah terjadi jika pencapaian suatu tujuan tertentu mensyaratkan kinerja serta langkah mental tertentu.

11. Palumbo (1990)

Definisi pemecahan masalah merupakan fungsi stimulus tertentu menjadi input melalui sistem sensor ingatan, diproses dan dikoding lewat memori kerja dan disimpan bersama asosiasi dan peristiwa yang sekeluarga dalam memori jangka panjang.

12. Slavin (2011)

Pengertian pemecahan masalah merupakan upaya untuk mengatasi halangan yang menghambat jalan menuju solusi.

13. Ling dan Catling (2012)

Arti pemecahan masalah adalah keterampilan yang digunakan dalam banyak skenario berbeda setiap hari, misalnya dalam menyusun rencana esai atau mengatur jadwal sehari-hari.

14. Girl, dkk. (2002)

Menurutnya, pemecahan masalah merupakan suatu proses yang melibatkan penerapan keterampilan dan pengetahuan untuk mencapai sebuah tujuan.

15. Anderson (2005)

Mendefinisikan pemecahan masalah sebagai perilaku dengan tujuan terarah yang melibatkan kondisi dari tujuan untuk memungkinkan individu yang menggunakannya. Penggunaan tujuan yang baik, akan membuat individu melihat situasi serta kondisi pada saat individu tersebut menyelesaikan masalah.

16. Oztruk dan Guven (2016)

Mengartikan pemecahan masalah sebagai suatu proses ilmiah yang melalui tahapan pemahaman masalah untuk selanjutnya mencari informasi yang dibutuhkan untuk di tetapkan solusi pemecahan dan dievaluasi solusinya.

Semoga bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar