aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

14 Pengertian Mobilitas Sosial Menurut Para Ahli

Pengertian Mobilitas Sosial, Mobilitas Sosial Menurut Para Ahli
Hidup di dunia ini senantiasa berubah. Kemarin, hari ini dan esok hari tidak akan sama. Sepanjang waktu masih berjalan dan bumi masih berputar kita akan terus berproses.

Berproses untuk mendapatkan hidup yang lebih baik, atau bahkan malah sebaliknya.

Hari ini mungkin kamu belum mendapatkan pekerjaan dan hampir pasrah dengan keadaan. Tetapi jangan pernah menyerah, kita tidak akan tahu nasib 1 bulan atau 2 bulan kedepan.

Bisa jadi kita sukses dengan usaha yang dirintis.

Semua gerak berpindahnya status sosial dalam masyarakat itu disebut mobilitas sosial.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai pengertian mobilitas sosial menurut para ahli.

Mari kita mulai...

1. Paul B. Horton
Pengertian mobilitas sosial menurut Paul B. Horton adalah gerak perpindahan dari satu strata ke strata yang lain.

2. Soejono Soekanto
Definisi mobilitas sosial adalah gerak dalam suatu struktur sosial, membentuk pola tertentu yang mengatur organisasi kelompok sosial.

3. Craig Alhoun, dkk.
Mobilitas sosial adalah gerak berpindah dari satu tingkat sosial ke tingkat sosial yang lainnya. Bisa berupa naik atau turun.

4. Anthony Giddens
Menyatakan bahwa mobilitas sosial merupakan gerak dari orang dan kelompok diantara keduduan sosial ekonomi yang berbeda.

5. H. Edward Ransford
Arti mobilitas sosial adalah pindahnya suatu lingkunagn sosial secara hierarki kea atas atau kebawah.

6. Borgatta
Mendefinisikan mobilitas sosial sebagai gerakan dari orang, keluarga atau kelompok dari satu kedudukan sosial ke kedudukan sosial yang lain.

7. Kimbal Young & Raymond W. Mack
Dua ahli tersebut mengartikan mobilitas sosial sebagai perpindahan dalam struktur sosial, yakni pola tertentu yang mengatur organisasi kelompok sosial.

8. Robert M.Z. Lawang
Pengertian mobilitas sosial menurut Robert M.Z. Lawang adalah peristiwa berpindahnya posisi dari lapisan sosial satu ke lapisan sosial yang lain.

9. David L. Sills
Mobilitas sosial diartikan sebagai gerakan dalam ruang sosial yang merupakan perpindahan dari status sosial ke status sosial tujuan.

10. Horton dan Hunt
Pendapat dari dua ahli diatas mengenai pengertian mobilitas sosial adalah gerak pindah dari kelas sosial ke kelas sosial yang lain.

11. Hartini dan G. Kartasapoetra
Mobilitas sosial didefinisikan sebagai gerak perpindahan individu atau kelompok dari status sosial ke status sosial yang lain.

12. William Kornblum
Mengartikan mobilitas sosial sebagai suatu perpindahan individu, keluarga dan kelompok sosial dari satu lapisan sosial ke lapisan sosial lainnya.

13. Bruce J. Cohen
Pengertian mobilitas sosial merupakan pindahnya individu dari suatu status sosial ke status sosial yang lain. Perpindahan tersebut bisa berupa naik atau turun

14. Haditono
Pengertian mobilitas sosial menurut Haditono adalah berpindahnya orang atau kelompk dari kedudukan satu ke kedudukan lainnya, tetapi sejajar.

Semoga bermanfaat!
DONASI VIA SAWERIA Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperbaharui blog mingseli.id agar lebih baik. Terima kasih.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar