aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

5 Tips Meningkatkan Percaya Diri dalam Bergaul

Tips Meningkatkan Percaya Diri, Cara Meningkatkan Percaya diri, Percaya Diri, Komunikasi, Hubungan Sosial
Berbicara mengenai kepercayaan diri memang menjadi unik, karena topik ini berbicara mengenai bagaimana seorang individu memperlakukan dirinya sendiri.

Entah itu dalam lingkungan berskala kecil seperti keluarga atau lingkungan yang luas dalam masyarakat sekitar.

Apa sih percaya diri itu?

Menurut Hambly, percaya diri adalah keyakinan terhadap diri sendiri sehingga bisa dan mampu menangani semua setuasi dengan tenang, kepercayaan diri ini banyak kaitannya hubungan seseorang dengan orang lain.

Percaya diri ini biasa juga disebut dengan "PD" atau "Pede" dalam kehidupan sehari-hari.

Tingkat kepercayaan diri masing-masing manusia juga berbeda-beda. Ada yang sangat percaya diri dengan kemampuannya karena pencapaiannya yang telah diraih.

Tetapi ada juga yang merasa minder atau tidak percaya diri karena pengalaman buruk menimpa pada masa lalu. Sehingga membuat trauma yang berkepanjangan.

Sebenarnya ada banyak sekali faktor penyebab kepercayaan diri individu yang membuatnya berbeda.

Pertama faktor internal, faktor internal dipengaruhi oleh pemikiran manusia sendiri. Mereka cenderung memikirkan hal-hal negatif tentang dirinya yang padahal belum tentu benar, atau istilahnya overthinking.

Memikirkan sesuatu hal yang berlebihan bisa berdampak buruk terhadap diri sendiri kaitannya dengan rasa pecaya diri.

Misalnya, ketika seseorang mengucapkan kepada kita bahwa kita "gemuk",

Memikirkan secara terus menerus tentang perkataan tersebut malah bisa membuat kita minder. Sebaiknya jangan terlalu dipikirkan dan berusaha menjadi diri sendiri saja. Karena masing-masing orang punya kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Kemudian ada faktor eksternal, faktor ini biasanya dipengaruhi oleh lingkungan. Misalnya orang tua, teman dan masyarakat.

Pola asuh orang tua sangat berpengaruh terhadap kepribadian kita. Jika pola asuh orang tua positif dan keaadaan keluarga damai dan aman, anak akan cenderung menjadi pribadi yang baik juga. Begitu pula sebaliknya.

Faktor teman juga penting karena tempat kita bergaul. Memilih lingkungan yang tepat dan minim tindakan bullying membuat anak menjadi pribadi yang percaya diri.

Begitu juga ketika kita bergaul dengan masyarakat luas. Mental kita harus kuat dalam menghadapi segala situasi dan kondisi.

Bagaimana cara meningkatkan percaya diri?

Dalam meningkatkan kepercayaan diri ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Perlu proses yang tidak sebentar dan butuh perjuangan.

Mungkin saja cara untuk meningkatkan pecara diri pada masing-masing orang juga berbeda. Ada yang menggunakan terapi percaya diri dan lain sebagainya.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai tips meningkatkat percaya diri.

Mari kita mulai...

1. Jangan Bandingkan Diri Sendiri dengan Orang lain

Seperti yang sudah dibahas diatas pemikiran menjadi faktor penyebab kepercayaan diri seseorang. Kemampuan mengendalikan pemikiran sendiri perlu diperhatikan.

Jangan terlalu membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Boleh saja membandingkan untuk hal-hal yang positif guna memotivasi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Tetapi jangn berlebihan.

Salah satu penyebabnya adalah terlalu banyak bermain media sosial untuk keperluan stalking orang. Misalnya melihat postingan seseorang yang jalan-jalan keluar negeri atau postingan sesorang yang pamer kekaayaan.

Melihat hal tersebut terlalu sering dapat membuat minder jika tidak bisa mengontrol pikiran.

Mulailah dari sekarang sedikit demi sedikit bersyukur terhadap apa yang sudah dimiliki. Bersyukur akan membuat cukup dan meminimalisir pikiran untuk membandingkan.

2. Tambah Wawasan

Percaya diri hampir selalu berkaitan hubungan kita dengan orang lain. Dalam berhubungan pastinya perlu komunikasi yang baik.

Untuk bisa berkomunikasi secara baik dengan orang lain perlu wawasan yang cukup, agar dapat nyambung ketika ngobrol dengan lawan bicara. 

Perbanyak membaca buku atau berita yang update agar tidak kehabisan topik. Proses ini memang tidak instan dan harus dicoba terus menerus.

Pengatahuan yang luas dapat menjadi salah satu cara meningkatkan percaya diri dalam bergaul.

3. Pilih Lingkungan yang Sesuai

Lingkungan adalah tempat kita hidup bersosial dengan orang lain. Berbagi cerita, saling menolong dan berkomunikasi dapat dilakukan sehari-hari.

Salah memilih lingkungan akan berdampak buruk terhadap mental seseorang.

Untuk melatih mental supaya lebih percaya diri usahakan cari lingkungan yang sesuai minat atau hobi kamu. Supaya mudah berkomunikasi dan percaya diri karena ketika bergaul dengan orang yang mempunyai minat topik sama akan mudah nyambung.

Selanjutnya, ketika dirasa sudah cukup percaya diri baru perlahan-lahan bergaul dengan banyak orang.  Bergaul dengan banyak orang banyak sekali manfaatnya dan membuat kita punya perspektif baru.

4. Memperbaiki Penampilan

Penampilan juga harus diperhatikan dalam bergaul. Penampilan yang kurang enak dipandang akan membuat orang lain merasa ilfeel. Misalnya, rambut yang acak-acakan.

Mulailah rajin berolahraga minimal 3 kali dalam satu minggu. Tidak usah yang berat-berat, yang penting metabolisme tubuh lancar.

Menjaga pola makan juga penting untuk dilakukan untuk menunjang hasil dari olahraga dan mendapatkan tubuh yang ideal.

5. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Selain memperbaiki penampilan secara fisik, penampilan dalam berpakaian juga perlu dipertimbangkan.

Cara meningkatkan percaya diri dapat dilakukan dengan memilih pakaian yang baik dan nyaman. Tetapi jangan sampai terlihat norak dan malah membuat orang-orang gagal fokus.

Bagi kamu yang masih bingung memilih pakaian jangan khawatir.

Kamu bisa kunjungi Green Jaket untuk melengkapi cara berpakain kamu agar semakin percaya diri.

Bagi yang belum tahu, Green Jaket merupakan salah satu perusahaan konveksi jaket yang menyediakan jaket dengan bahan yang berkualitas dan pastinya nyaman ketika digunakan.

Selain itu, perusahaan konveksi jaket Bandung ini juga menyediakan pembuatan jaket custom dengan desain suka-suka. Sehingga akan menambah rasa percaya diri kita dalam bergaul dengan orang.

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar