aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

15 Pengertian Negosiasi Menurut Para Ahli

Pengertian Negosiasi, Pengertian Negosiasi Menurut Para Ahli, Negosiasi
Secara sadar atau tidak sadar kalian pasti pernah melakukan negosiasi dengan orang lain. Entah itu di sekolah, pasar atau tempat lainnya.

Misalnya, ketika ingin membeli buah dipasar. Saat pertama pasti menanyakan harga kepada penjual. Kemudian ketika harga buah tersebut tidak sesuai ekspektasi, kalian akan menawar dan penjual juga akan memberi tawaran baru.

Hingga pada akhirnya mencapai harga buah sesuai kesepakatan dan kalian membeli buah tersebut.

Itu merupakan contoh negosiasi sederhana yang bisa dilakukan oleh seseorang.

Di tahap yang lebih tinggi, negosiasi bisa dilakukan oleh perusahaan yang ingin mengakuisisi perusahaan lain. Atau bisa juga negosiasi dalam hal gaji.

Menurut KBBI, negosiasi adalah proses tawar menawar dengan jalan berunding untuk mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak dengan pihak lain.

Atau bisa juga diartikan sebagai penyelesaian sengketa secara damai melalui perundingan antara pihak yang bersengketa.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang definisi negosiasi agar kita menjadi lebih paham,

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai pengertian negosiasi menurut para ahli.

Mari kita mulai...

1. Oliver

Pengertian negosiasi menurut Oliver adalah suatu transaksi antara dua pihak dan masing-masing mempunyai hak atas hasil akhir.

2. Alan Fowler

Negosiasi adalah proses interaksi antara dua pihak atau lebih yang mempunyai sasaran awal berbeda, berusaha untuk menang dengan argumen dan persuasinya. Namun, mereka menyudadi perbedaan dengan jalan keluar dan bisa menerima kesepakatan.

3. Gary Goodpaster

Mengartikan negosiasi sebagai upaya untuk mencapai kesepakatan dengan pihak lain dengan proses interaksi dan komunikasi yang dinamis.

4. Hartman

Pengertian negosiasi menurut Hartman adalah proses komunikasi antara dua pihak dan masing-masing mempunyai sudut pandang sendiri serta berusaha mencapai kesepakatan yang memuaskan kedua belah pihak mengenai masalah yang ada.

5. Heinritz dan Farrekk

Negosiasi merupakan penyusunan program bersama pengadaan dan penjualan untuk tujuan mencapai perjanjian yang saling memberi keuntungan.

6. Suyud Margono

Berpendapat bahwa negosiasi merupakan proses konsensus yang digunakan oleh suatu pihak guna memperoleh kesepakatan bersama.

7. Tim Hindle

Negosiasi merupakan kemampuan atau keterampilan merekonsiliasi hasil yang baik untuk semua pihak.

8. Casse

Menyatakan bahwa negosiasi adalah suatu proses yang dilakukan minimal dua pihak dengan persepsi, motivasi dan kebutuhan yang berbeda dan mencoba untuk menyepakati tentang suatu hal demi kepentingan bersama.

9. Henry Kissinger

Mengartikan negosiasi sebagai proses mengkombinasikan konflik ke posisi yang umum, dibawah keputusan aturan yang bulat.

10. Alan N Schoommaker

Definisi negosiasi adalah cara untuk mencapai perjanjian dengan unsur koperatif maupun kompetitif.

11. Robbins

Negosiasi diartikan sebagai proses yang melibatkan dua orang atau lebih dalam pertukaran barang atau jasa dan berupaya membuat kesepatakan kerjasama.

12. Runtung Sitepu

Mendefinisikan negosiasi sebagai upaya dalam penyelesaian sengketa alternatif dimana pihak yang bersengketa melakukan perundingan secara langsung guna mencari jalan penyelesaian sengketa yang sedang dihadapi menuju arah kesepakatan yang win-win solution.

13. Ulinuha

Pengertian negosiasi adalah suatu proses tawar menawar dengan cara berunding guna mencapai kesepakaran antara kedua belah pihak yang terlibat.

14. Linda L. Putnam

Menurutnya negosiasi adalah istilah yang merujuk kepada dua atau lebih pihak yang sedang bekerja sama dalam upaya meraih keputusan yang biasanya dilakukan melalui usulan atau sebaliknya.

15. Jackman

Negosiasi artinya proses yang terjadi antara 2 pihak atau lebih yang pada awalnya mempunyai pendapat atau pemikiran yang berbeda hingga pada akhirnya mencapai kesepatakan bersama.

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts