aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

14 Pengertian Basis Data Menurut Para Ahli

Pengertian Basis Data
Di zaman sekarang ini sepertinya kita sering mendengar istilah database atau dalam bahasa Indonesia dikatakan basis data.

Basis data biasanya terdapat di organisasi atau perusahaan yang menggunakan data-data untuk mengoptimalkan kegiatan dengan data-data yang telah dikumpulkan.

Kegunaan basis data tersebut banyak sekali dan sangat bermanfaat untuk kemajuan perusahaan.

Apalagi di era persaingan yang sangat ketat seperti sekarang ini.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai pengertian basis data menurut para ahli.

Mari kita mulai...

1. Fathansyah

Pengertian basis data menurut Fathansyah adalah, basis data tersusun dari dua kata, yaitu basis dan data.

Basis mempunyai arti gudang, markas dan tempat bersarang serta berkumpul.

Sedangkan data diartikan sebagai representasi fakta dunia. Bisa objek, manusia, barang, hewan, keadaan dan sebagainya yang terekam dalam bentuk simbol, huruf, angka, teks, bunyi, gambar atau kombinasi yang lain.

2. Connolly dan Begg

Basis data adalah kumpulan data yang saling berhubungn dan dirancang untuk melengkapi informasi yang digunakan untuk kebutuhan perusahaan atau organisasi.

3. Gordon C. Everest

Menyatakan bahwa basis data adalah koleksi data yang mempunyai sifat mekanis, terbagi dan terdefinisi secara formal & terkontrol. Basis data ini mempunyai sistem pengontrol yang terpusat.

4. Jogiyanto

Pengertian basis data adalah kumpulan data yang berhungan satu sama lain, tersimpan di luar komputer dan menggunakan software tertentu untuk memanipulasinya.

5. Bambang Hariyanto

Mengartian data basis data sebagai elementer atau kumpulan data yang berkaitan secara logika dalam merepresentasikan fakta atau fenomena secara terstruktur dalam domain tertentu supaya mendukung aplikasi pada sebuah sistem tertentu.

6. C. J. Date

Basis data merupakan kumpulan data operasional yang memang sengaja disimpan dan dipakai oleh sistem aplikasi dari organisasi. Menurut Date basis data atau database mempunyai tiga jenis, yakni data input, output dan operasional.

7. Abdul Kadir dan Terra Ch. Triwayuni

Database atau basis data adalah pengorganisasian terhadap sekumpulan data yang saling terkait sehingga dapat memudahkan kegiatan untuk mendapatkan informasi.

8. Toni Fabbri

Mendefinisikan basis data sebagai sistem yang terdiri dari banyak file yang terintegrasi dan file tersebut mempunyai sebuah primary key untuk memproses pengulangan data.

9. Linda Marlina

Basis data adalah susunan dan kumpulan data dari organisasi atau perusahaan yang dikelola kemudian disimpan secara terintegrasi menggunakan metode khusus sehingga dapat menyediakan iformasi yang optimal untuk organisasi atau perushaan.

10. S. Attre

Mengatakan bahwa database atau basis data adalah koleksi data yang saling berinteraksi di dalam organisasi dan dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan.

11. Nugroho Adi

Menyatakan bahwa basis adalah salah satu bagian dari sistem informasi secara keseluruhan.

12. Chou

Pengertian basis data (database) adalah kumpulan informasi yang digunakan oleh organisasi dengan tatacara khusus, sehingga dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan.

13. Kusrini

Mengartikan basis data sebagai kumpulan data yang berrelasi.

14. Fabbri & Schwab

Kedua ahli tersebut mengatakan bahwa basis data merupakan sistem pemberkasan yang dirancang untuk meminimalkan pengulangan data.

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts