aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

4 Upaya Pengembangan Usaha dan Contohnya

Usaha,Toko, Bisnis
Kehidupan masyarakat sekarang tidak bisa lepas dari persaingan para pebisnis yang berlomba-lomba mendapatkan hati konsumen sebanyak-banyaknya. Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan konsumen. Ada yang memberikan diskon, cashback sampai menggelar acara besar.

Lihat saja para star up yang dengan mudahnya menggelontorkan dana miliyaran untuk bisa bersaing dan tetap hidup. Istilah "bakar uang" sudah menjadi hal yang wajar bagi para perlaku dunia bisnis sekarang ini.

Tetapi kalau hanya bermodal uang tanpa diimbangi dengan strategi bisnis yang efektif dan efisien, perusahaan sulit untuk berkembang dan akan terus mengalami defisit.

Ada 4 upaya pengembangan usaha yang dilakukan oleh perusahaan. Seperti, market penetration, market development, product development dan diversification.

Berikut adalag uraian dari keemapat upaya pengembangan usaha:

1. Market Penetration

Strategi ini berupaya untuk memasuki pasar yang sudah ada dan produk yang sudah ada. Artinya strategi ini mengharuskan perusahaan untuk melakukan sesuatu yang berbeda agar produknya lebih dilirik para konsumen.

Contoh:
*PT Dua Kelinci memiliki strategi pemasaran dengan mengiklankan produk dengan slogan "Jangan nonton bola tanpa kacang garuda"
*Kopi ABC memberikan promosi buy 1 get 1
*Promosi intensif dari XL atau Axis dan penambahan sales di berbagai acara

2. Market Development

Strategi ini berbeda dengan strategi sebelumnya. Fokus dari strategi ini adalah memasuki pasar baru dengan produk yang sudah ada. Strategi ini berusaha mencari calon konsumen dengan segmentasi pasar yang baru tetapi menjual produk yang sudah ada sebelumnya.

Contoh:
*PT Carrefour membuka gerai ritel diberbagai kota yang ada di Indonesia.
*Matahari membuka gerai baru di lokasi yang strategis
*Produk Unilever mengganti isi Pepsodent beserta kemasannya agar selalu tampil baru dan segar

3. Product Development

Upaya ini berusaha mengembangkan produk baru dengan pasar yang sudah ada. Fokusnya adalah mengembangkan sesuatu produk baru yang lebih segar kepada masyarakat.

Contoh:
*PT Telkom melakukan pengembangan layanan
*GM mengembangkan mobil dengan tenaga hidrogen
*Pfizer mengembangan pil anti merokok baru

4. Deversification

Melakukan upaya mengembangkan produk baru dengan pasar yang baru juga.

Contoh:
*Microsoft meluncurkan PC pertama yang berfungsi sebagai hiburan
*Harian Kompas memunculkan surat kabar, tabloid dan majalah baru
Related Posts

Related Posts