aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Macam-macam Format Video Lengkap Beserta Penjelasan

Format Video


Pada zaman sekarang, kita sangat mudah dalam menonton video. Tinggal buka YouTube, video yang kalian inginkan dapat kamu putar sepuasnya.

Berbeda dengan zaman sebelum adanya layanan pemutar video seperti YouTube, kita harus mengunduh file tersebut dan menyimpan ke memori ponsel dan baru bisa ditonton.

Terkadang video yang kita ingin tonton tidak bisa dibuka.

Karena format pada video tidak didukung oleh ponsel.

Meskipun sekarang ini mudah dalam menonton video apa saja, ada baiknya kita perlu tahu macam-macam format video agar pada saat ingin merender video hasil editan jadi paham.

1. MOV

MOV pertama kali adalah wadah asli jenis video file streaming. Format ini dibuat dan dikembangkan oleh Apple sebagai bagian asli QuickTime.

MOV mempunyai kualitas yang sangat baik dengan didukung format yang besar. Sekarang ini format MOV masih digunakan untuk merangkum isi video lossy.


2. MP4

Format ini cukup populer dikalangan masyarakat. Format ini diperkenalkan pada tahun 1998 yang merupakan pengembangan format QuickTime dari Apple. MP4 merupakan standar modern video multimedia terkompresi.

MP4 menggunakan kompresi pada video dan audio yang berbeda yang mana dapat mengecilkan ukuran tanpa mengurangi kualitas secara signifikan. Meskipun ukurannya terlihat relatif lebih kecil, tetapi mempunyai kualitas yang baik.


3. AVI (Audio Video Interleaved)

Format ini ditemukan oleh Microsoft pada tahun 1992 sebagai bagian dari teknologi format video untuk windows. Avi mempunyai karakter file yang tidak terkompresi sehingga membuat ukurannya relatif besar. Namun dengan tidak terkompres, kualitas video akan lebih maksimal.

Format ini kurang cocok jika diunggah di media sosial. Karena dapat membutuhkan waktu unggah yang relatif lebih lama dan juga dapat memakan waktu lebih banyak.

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar