aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Perbedaan QR Code dan Barcode

Pernah menscan aplikasi whatsapp di ponsel ke laptop?

Pernah melihat garis hitam dengan ketebalan yang berbeda pada kemasan makanan?

Jika iya, aktivitas kalian tidak jauh dari yang namanya qr code dan barcode.

Kedua istilah ini terkadang memang disalah artikan oleh sebagian kalangan. Karena menganggap kedua istilah ini sama.

Mungkin ada juga yang menganggap qr code adalah nama lain dari barcode atau bahkan sebaliknya, barcode adalah nama lain qr code.

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas perbedaan antara qr code dan barcode.

Pengertian Qr Code

QR (Quick Response) Code merupakan kode yang berbentuk dua dimensi yang terdiri atas garis vertikal dan horizontal yang dikemas dalam bentuk kotak. Ada juga yang meletakkan logo perusahaan atau logo individu ditengah-tengah qr code.


QR Code
QR Code


Karena berbentuk lebih kompleks qr code dapat mengandung informasi yang lebih banyak. Maka jangan heran jika aplikasi whatsapp menggunakan qr code untuk menscan ke laptop atau komputer.

Untuk mengetahui informasi apa yang terkandung di dalam kode qr code, kalian tidak bisa langsung membuka kamera pada smartphone dan langsung mengarahkan kamera ke qr code. Tidak akan mungkin bisa.

Baca Juga :



Kalian harus menggunakan qr code reader untuk dapat mengatahui informasi. Ada banyak aplikasi yang bisa membaca qr code dan disediakan secara gratis.

Di dalam qr code dapat berisi bermacam-macam informasi. Seperti Url (Uniform Resource Locator) website atau blog kalian. Bisa juga berisi E-mail dan juga gambar. Dengan memanfaatkan fitur ini pekerjaan kalian dalam membagikan informasi menjadi lebih mudah.


Pengertian Barcode

Barcode memiliki bentuk garis-garis dengan ketebalan yang berbeda disertai jeda berbentuk satu dimensi. Barcode berbentuk lebih sederhana dibandingkan dengan qr code.

Barcode
Barcode


Barcode sendiri biasanya digunakan pada perusahaan untuk mengetahui stok barang yang tersedia dengan cepat. Karena barcode dapat melakukan pelacakan (Tracking) pada barang sehingga karyawan tidak perlu mengecek satu persatu. Karyawan hanya perlu melakukan scanning dan hasilnya akan langsung terlihat pada komputer secara otomatis.

Saat kalian membeli barang atau makanan di swalayan, ketika hendak membayar barang yang dibeli pastinya barang tersebut di scan oleh kasir untuk mengatahui harganya.


Perbedaan QR Code dan Barcode

Setelah mengatahui pengertian qr code dan barcode. Pastinya kalian sudah mengetahui perbedaan secara garis besar. Untuk lebih paham kami akan menjabarkan secara singkat perbedaan qr code dengan barcode.

Pertama, dari segi bentuk barcode lebih sederhana karena mendukung aktivitas yang tidak terlalu kompleks. Sedangka qr code berbentuk lebih kompleks untuk mendukung informasi yang lebih banyak di dalamnya.

Kedua, dari segi fungsi barcode lebih sederhana. Di gunakan untuk scan produk-produk. Sedangkan qr code lebih jauh lagi bisa menyimpan banyak informasi seperti yang sudah di jelaskan diatas.

Setelah membaca artikel ini. Jangan sampai salah dalam membedakan istilah keduanya. Keduanya memang sama-sama digunakan untuk kegiatan scan. Tetapi jika kita menilik lebib jauh ada perbedaan yang cukup mendasar.

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar