aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

10+ Pengertian Rasio Likuiditas Menurut Para Ahli

Laporan keuangan suatu perusahaan dapat menggambarkan kinerjanya, dari situ dapat diketahui apakah perusahaan ini bisa mengatur perusahaan dengan baik atau tidak.

Ada beberapa jenis rasio dalam laporan keuangan. Salah satunya adalah rasio likuiditas.

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai pengertian rasio likuiditas menurut para ahli.

Mari kita mulai...

Likuiditas, Pengertian Rasio Likuiditas, Pengertian Rasio Likuiditas Menurut Para Ahli

Kasmir

Pengertian rasio likuiditas menurut Kasmir adalah sebuah rasio yang menggambarkan kemampuan perusahaan dalam memenuhi hutang atau kewajiban jangka pendek.

Hartono

Menjelaskan bahwa rasio likuiditas merupakan rasio yang menunjukkan kemampuan perusahaan untuk memenuhi semua kewajiban atau hutang jangka pendek.

Arief dan Edi (2016:57)

Mengemukakan bahwa rasio likuiditas adalah rasio yang memiliki tujuan untuk mengukur kemampuan sebuah perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendeknya.

Subramanyam

Pengertian rasio likuiditas adalah sutau ukuran untuk mengevaluasi kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendek.

Praswoto (2011:83)

Berpendapat bahwa rasio likuiditas merupakan rasio yang menggambarkan kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendek kepada kreditor.

Kamaludin (2011:41)

Definisi rasio likuiditas adalah rasio yang menunjukkan tingkat kemudahan relatif aktiva untuk segera di konversikan dalam kas dengan sedikit atau tanpa penurunan nilai dan juga tingkat kepastian tentang jumlah kas yang bisa diperoleh.

Fred Weston

Arti rasio likuiditas adalah rasio yang memberikan gambaran mengenai kemampuan perusahaan dalam memenuhi hutang jangka pendek.

Harahap

Menurutnya rasio likuiditas adalah rasio yang menunjukan kemampuan perusahaan untuk menyelesaikan kewajiban jangka pendek. Rasio ini bisa dihitung melalui pos-pos aktiva lancar dan utang lancar.

Van Horne dan Wachowicz

Mendefinisikan rasio likuiditas sebagai rasio yang digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendek dengan sumber daya jangka pendek yang tersedia.

Hanafi (2016:37)

Mengartikan rasio likuiditas sebagai rasio untuk mengukur kemampuan likuiditas jangka pendek perusahaan melihat besarnya aktiva lancar relatif terhadap utang lancar.

Periansya (2015:37)

Menganggap rasio likuiditas sebagai rasio yang digunakan untuk memenuhi kewajiban finansial jangka pendek suatu perusahaan.

Bambang Riyanto (2010:25)

Menyatakan bahwa rasio likuiditas adalah rasio yang berhubungan dengan kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban finansialnya.


Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar