aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

6 Jenis Papan Selancar yang Perlu Diketahui

Jenis Papan Selancar yang Perlu Diketahui

Selancar atau surfing yaitu salah satu olahraga ekstrem yang berlangsung di atas arus ombak yang tinggi dan menjadi salah satu olahraga air yang populer di dunia.

Dalam melakukan olahraga selancar yang sangat diperhatikan yaitu ombak yang ada di pantai. Setelah melakukan pengamatan terhadap ombak, selanjutnya diperlukan papan selancar yang cocok digunakan.

Dikarenakan tidak semua jenis papan selancar dapat digunakan pada ombak yang sama. Berikut jenis-jenis papan selancar yang dapat disesuaikan dengan tipe peselancar dan ombak di pantai tertentu.

Fiberglass

Papan selancar jenis fiberglass merupakan papan selancar yang sangat direkomendasikan untuk para peselancar yang masih berlatih teknik dan belajar menjaga keseimbangan.

Nama lain dari papan selanjar ini adalah papan selancar polystyrene. Papan ini dilengkapi dengan busa pada bagian struktur inti dan mempunyai lapisan berupa serat tebal fiberglass.

Kelebihan papan ini yaitu jenis papan yang baik dalam daya apung. Namun, kelemahannya adalah dalam segi daya tahan, papan ini tergolong lebih mudah rusak.

Epoxy

Papan selancar jenis epoxy merupakan papan selancar yang terbuat dari bahan epoxy.

Dalam lapisan resinnya papan selancar jenis ini menggunakan bahan epoxy. Namun, untuk bagian inti busa menggunakan polystyrene.

Kelebihan papan epoxy kuat dan tahan terhadap terjangan ombak. Tak hanya itu, saat digunakan berselancar, papan selancar epoxy sangat ringan untuk mengikuti terjangan ombak.

Fish

Papan selancar jenis fish merupakan papan selancar yang dapat digunakan untuk pantai dengan ombak kecil. Papan ini memiliki desain dengan ukuran sekitar lima sampai enam kaki.

Papan selancar jenis ini cocok untuk digunakan untuk pemula yang masih takut berselancar di ombak besar, dan ingin berselancar di ombak kecil.

Egg

Papan selancar jenis egg merupakan papan selancar yang bisa juga digunakan untuk di ombak kecil. Tetapi, perbedaan papan selancar egg ini terletak pada ukuran jenis papan.

Papan selancar jenis egg mempunyai ukuran enam sampai delapan kaki. Ukurannya sedikit lebih besar dari papan selancar fish.

Longboard

Papan selancar jenis longboard merupakan papan yang cocok untuk yang sudah mahir dalam dunia selancar atau surfing. Papan longboard umumnya digunakan untuk menerjang ombak dengan ketinggian menengah ataupun yang liar sekalipun.

Ukuran dari papan selancar longboard yaitu sepanjang sembilan kaki. Jika sudah murai terbiasa berselancar dan telah menguasai teknik dasar selancar, maka dapat menggunakan papan selancar longboard tanpa ragu.

Guns

Papan selancar jenis guns merupakan papan selancar yang pasti digunakan oleh peselancar mahir. Ukuran papan selancar ini yaitu tujuh sampai dua belas feet.

Dengan begitu, papan selancar ini jenis guns sangat cocok digunakan sebagai papan selancar di ombak yang kuat bahkan sangat kuat sekalipun.


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar