aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Jenis-Jenis Matras untuk Pendakian Gunung

Jenis-Jenis Matras untuk Pendakian Gunung

Matras merupakan barang wajib yang dipakai untuk alas tidur di dalam tenda atau sebagai alas duduk diluar tenda. Tak hanya itu, matras juga biasanya digunakan untuk alat perapi tas carrier.

Tak hanya fungsinya yang beragam, matras juga memiliki jenis-jenis matras yang wajib dipahami oleh para pendaki guna untuk kelancaran dan kenyamanan saat pendakian.

Berikut ini jenis-jenis matras yang digunakan dalam pendakian gunung.

Matras Cacing

Matras cacing merupakan matras yang umum dipakai oleh para pendaki gunung. Matras cacing terbuat dari bahan busa tipis dan karet sehingga harganya cukup murah.

Jenis matras ini nggak hanya dapat dipakai sebagai alas tidur atau alas duduk, namun dapat juga digunakan sebagai bahan pelapis di tas carrier agar terlihat kokoh pada saat berisikan perlengkapan pendakian gunung.

Matras Aluminium

Merupakan jenis matras yang dapat dikatakan tipis dan ringan. Matras ini dilapisi juga dengan bahan aluminium foil di bagian luarnya. Meskipun matras ini cukup tipis, tetapi matras alumunium bisa menginsulasi panas sehingga kehangatannya stabil.

Matras aluminium dapat dipakai dalam kondisi darurat seperti untuk penanganan hipotermia, dan dapat digunakan untuk emergency blanket.

Matras Lipat Portable

Matras ini memiliki desain yang berbeda yaitu mempunyai sekat-sekat dalam satu matras sehingga tiap bagiannya bisa dilipat dan ditumpuk jadi satu.

Matras lipat ini juga mempunyai tekstur seperti kotak-kotak yang menonjol yang dapat memberikan sensasi pijatan pada saat digunakan.

Matras Busa

Merupakan matras yang ringan dikarenakan jenis ini bisa mengembang dengan sendirinya serta gampang dilipat menjadi bentuk yang kecil. Dengan begitu, matras busa sangat praktis dan memudahkan untuk dibawa kemana-mana.

Matras Angin

Matras ini merupakan jenis matras yang cara penggunaanya cukup dengan diisi dengan udara agar dapat mengembang. Matras ini menjadi favorit beberapa pendaki gunung karena mempunyai permukaan yang empuk.

Matras ini memiliki bobot yang ringan dan gampang dilipat agar ukurannya lebih kecil. Jadi cocok untuk teman berpetualang.


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar