aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

15+ Pengertian Komunikasi Intrapersonal Menurut Para Ahli

Sebagai manusia yang senantiasa harus hidup dalam permasalahan, kita seringkali berbicara pada sendiri mengenai apa yang terjadi dan bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut.

Memikirkan masalah dan mencari jalan agar dapat memecahkan permasalahan merupakan suatu bentuk komunikasi.

Dalam ilmu komunikasi, hal tersebut dinamakan komunikasi intrapersonal.

Secara sederhana, komunikasi intrapersonal merupakan komunikasi yang terjadi pada diri manusia itu sendiri.

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai pengertian komunikasi intrapersonal menurut para ahli.

Mari kita mulai...

Komunikasi Intrapersonal, Pengertian Komunikasi Intrapersonal

1. Devito

Pengertian komunikasi intrapersonal menurut Devito adalah komunikasi dengan diri sendiri dengan suatu tujuan untuk berpikir, melakukan penalaran, menganalisis dan merenung.

2. Jalaludin Rahkmat

Menjelaskan bahwa komunikasi intrapersonal jika dilihat dari sudut pandang psikologi komunikasi merupakan proses pengolahan informasi yang terdiri dari sensasi, persepsi, memori dan juga berpikir.

3. Effendi

Menurutnya komunikasi intrapersonal merupakan komunikasi yang berlangsung dalam diri, terdiri dari kegiatan berbicara kepada diri sendiri dan juga aktivitas mengamati dan memberi makna kepada lingkungan.

4. J. Ruesch dan G. Batenson

Mengungkapkan bahwa komunikasi intrapersonal merupakan kegiatan berbicara kepada diri sendiri, membaca dalam hati, mengulangi apa yang didengar, berbicara dan mendengar apa yang dipikirkan.

5. Judy Pearson dan Paul Nelson

Definisi komunikasi intrapersonal adalah proses menggunakan pesan untuk menghasilkan makna dalam diri.

6. Charles V. Roberts

Arti komunikasi intrapersonal adalah semua penguraian, pemrosesan, penyimpanan dan pengkodean pesan psikologis dan fisiologis yang timbul pada individu, baik dalam keadaan sadar maupun tidak.

7. Ronald B. Adler dan G. Rodman

Menyebutkan bahwa komunikasi intrapersonal adalah komunikasi dengan diri sendiri.

8. Huda

Mendefinisikan komunikasi intrapersonal sebagai komunikasi yang terjadi dalam diri pribadi seseorang.

9. Richard West dan Lynn H. Turner

Mengartikan komunikasi intrapersonal sebagai komunikasi yang mencakup membayangkan, melamun, mempersepsikan dan juga memecahkan suatu permasalahan dalam pikiran.

10. Nina

Berpendapat bahwa komunikasi intrapersonal adalah komunikasi yang terdapat dalam diri manusia yang meliputi sensasi, asosiasi, persepsi, memori dan berpikir.

11. Blake dan Haroldsen

Mengmukakan bahwa komunikasi intrapersonal adalah suatu komunikasi yang dilakukan oleh diri sendiri.

12. Hafied Cangara

Pengertian komunikasi intrapersonal adalah komunikasi yang terjadi pada diri individu itu sendiri atau komunikasi dengan diri sendiri.

13. Rosmawaty

Menjelaskan bahwa komunikasi intrapersonal merupakan komunikasi yang berlangsung pada diri manusia. Individu tersebut berperan sebagai komunikator dan komunikan. Pertanyaan dan jawaban dilakukan oleh satu orang.

14. Notoadmodjo

Menurutnya komunikasi intrapersonal adalah proses komunikasi yang dilakukan oleh diri sendiri ketika mendapatkan suatu masalah. Komunikasi ini terjadi ketika seseorang ingin mengambil keputusan.

15. Dictionary of Mass Communication dan Media Research

Komunikasi intrapersonal adalah  komunikasi yang terjadi pada diri manusia. Hal ini berkaitan dengan pengirim pesan dan penerima pesan adalah orang yang sama.

16. Wikipedia

Komunikasi intrapersonal merupakan penggunaan pikiran atau bahasa yang terjadi pada diri sendiri dengan suatu objek yang tidak tampak.

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar